Proyek yang Dijamin PII Capai Rp81 Triliun

Pengerjaan Proyek Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) di Depok, Jawa Barat
Sumber :
  • ANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya

VIVA.co.id – Direktur Utama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia Sinthya Roesly mengatakan, sepanjang 2016 pihaknya telah melakukan penjaminan pada pembangunan proyek infrastruktur di empat sektor.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

"Selama 2016, penjaminan sudah dilakukan pada sembilan proyek dengan nilai total proyek mencapai Rp81 triliun, di empat sektor. Yakni sektor listrik, air minum, Kominfo dan jalan tol," kata Sinthya di Jakarta Selatan, Kamis 22 Desember 2016.

Ketika ditanya proyeksi di tahun 2017 mendatang, Sinthya mengaku sudah ada beberapa proyek yang masuk dalam rencana kinerja pihaknya. Namun, karena RUPS baru akan dilakukan dalam waktu dekat, dirinya belum bisa menjelaskan proyek-proyek apa saja yang dimaksud.

Jokowi: Jalan Inpres Gorontalo Penting untuk Tingkatkan Konektivitas Daerah

"Target total penjaminannya pun sudah ada, tapi itu juga belum bisa saya beritahukan sekarang. Karena kan harus ada arahan dari para pemegang saham," ujarnya beralasan.

Mengenai apa saja mekanisme dan persyaratan untuk proyek yang akan dijamin oleh PT PII, Sinthya menjelaskan, bahwa proyek tersebut tentunya harus layak secara ekonomi, sosial, komersial, teknikal dan finansial. Setelah memenuhi syarat dan dinyatakan layak, maka proses selanjutnya akan masuk ke mekanisme lelang, agar ada proses kompetisi untuk menentukan pemenangnya.

Empat Alasan Utama Publik Puas dengan Kinerja Jokowi, Menurut Survei Indikator

"Kemudian masalah dokumentasinya. Perjanjian juga kita harus lihat, alokasi risikonya sesuai enggak dengan base practice-nya," ujarnya.

Diketahui, kesembilan proyek yang sudah dijaminkan oleh PT PII sepanjang 2016 antara lain adalah proyek PLTU Jawa Tengah, proyek Palapa Ring paket barat, proyek Palapa Ring paket tengah, dan proyek Jalan Tol Batang-Semarang. Kemudian, ada juga proyek Jalan Tol Manado-Bitung, proyek Jalan Tol Pandan-Malang, proyek Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, proyek SPAM Umbulan, dan proyek Palapa Ring paket timur.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya