Faik Fahmi Resmi Jabat Dirut PT ASDP Indonesia Ferry

Kapal Roro Baru Milik ASDP
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Setelah menjadi Pelaksana Tugas sekitar dua bulan, Faik Fahmi akhirnya resmi menjadi Direktur Utama PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Indonesia Ferry.

Nasabah Pegadaian Melonjak Selama COVID-19 jadi 3 Juta Orang

"Alhamdullilah, ini amanah untuk saya, semoga bisa membawa perusahaan ini lebih baik ke depannya. Tentu saya tidak bisa bekerja sendiri,  tetapi dengan bantuan seluruh rekan direksi dan karyawan kita bersama-sama membangun perusahaan ini,” ujar Faik melalui keterangan tertulis, Jumat 23 Desember 2016.

Faik melihat peluang luar biasa yang akan dihadapi ASDP ke depan, terkait karakteristik Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Adanya komitmen pemerintah dalam mendorong konektivitas (connectivity) antarpulau, serta mendukung penyebaran logistik nasional supaya lebih mudah dan murah.

Adaptasi di Tengah Pandemi, KAI Optimalkan Aset Ini Jaga Kinerja

“Masa depan angkutan itu ada di laut. Hal ini karena karakteristik negara kita adalah kepulauan. Jadi, peran ASDP akan sangat strategis ke depannya,” ujarnya menambahkan.

Untuk rencana strategis ke depan,  Faik mengatakan, akan ada penambahan delapan kapal di 2017, guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Dengan adanya penambahan kapal tersebut dirinya memprediksi akan ada kenaikan pendapatan di 2017.  

Erick Thohir Tegaskan Perusahaan BUMN Harus Palugada

Tahun ini perseroan membidik target pendapatan sebesar Rp2,6 triliun dengan target laba bersih sekitar Rp250 miliar. “Dari sisi pendapatan saja kita targetkan 2017 paling tidak naik 11 persen dari tahun ini,” tuturnya.

Ia meyakini,  dengan adanya penambahan tersebut, PT ASDP bisa melayani lebih banyak lagi jalur penyeberangan yang tersedia saat ini. Terlebih lagi dalam memperluas jalur penyeberangan di wilayah Timur Indonesia.

Fokus angkutan natal

Saat ini, PT ASDP tengah mempersiapkan layanan penyeberangan angkutan Natal dan Tahun Baru 2017. Diperkirakan, dari 10 lintasan penyeberangan terpadat yang dipantau secara nasional, sekitar 3,31 juta orang akan menyeberang atau naik 4,5 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebesar 3,17 juta orang.

"Untuk di lintasan tersibuk Merak-Bakauheni, telah dilakukan berbagai persiapan untuk mengantisipasi terjadinya antrean kendaraan. Prinsipnya, layanan angkutan selama periode Natal dan Tahun Baru harus lancar, aman, nyaman dan selamat," kata Faik.

Ia berharap, pengguna jasa dapat menikmati layanan penyeberangan yang menyenangkan selama perjalanan. Di seluruh cabang PT ASDP telah dilakukan persiapan terkait armada, dermaga dan pelayanan loket tiket di setiap pelabuhan mengingat volume pengguna jasa berpotensi mengalami peningkatan.

Bagi penumpang yang akan menyeberang ke Bakauheni dengan kendaraan kecil (golongan IV penumpang), dapat memanfaatkan layanan penjualan portable e-ticketing yang tersedia di Rest Area KM43 Tol Tangerang-Merak. "Dengan beli tiket di sini, pengguna jasa mendapat akses jalur khusus menuju ke kapal. Tidak perlu antre lagi."

(mus)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya