40 Persen Penduduk RI Masih Dapat Subsidi Listrik 2017

Ilustrasi instalasi listrik
Sumber :

VIVA.co.id – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menyatakan, saat ini masih ada sekitar 70 persen penduduk Indonesia mendapat subsidi listrik. Padahal, yang berhak menerima subsidi listrik atau tepat sasaran hanya 40 persen.

Grab Permudah Mobilisasi Karyawan PLN

Direktur Pembinaan Pengusaha Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Satya Zulfanitra, mengatakan, pemerintah akan menerapkan subsidi listrik tepat sasaran mulai 2017. Subsidi listrik akan diberikan hanya kepada pelanggan rumah tangga 450 volt ampere dan 900 VA yang dinilai tidak mampu.

"Penerima subsidi listrik kita lebih banyak daripada angka kemiskinan di Indonesia, penduduk miskin di Indonesia hanya 10,8 persen. Karenanya kami akan mengeluarkan pelanggan 900 VA yang mampu, sehingga hanya 40 persen penduduk RI atau 25,7 juta rumah tangga masih menerima subsidi listrik di 2017," ujarnya kepada VIVA.co.id, di studio tvOne di Jakarta, Jumat 23 Desember 2016.

Listrik di Lokasi Gempa Pasaman Barat Hidup Lagi

Diungkapkannya, pelanggan PT Perusahaan Listrik Negara yang menerima subsidi listrik saat ini berjumlah sekitar 45 juta rumah tangga. Pada 2017, pemerintah akan mengurangi penerima subsidi listrik sebanyak 18,9 juta pelanggan karena dinilai mampu.

"Jadi tidak ada pencabutan subsidi listrik. Subsidi sampai kapan pun pasti diberikan kepada masyarakat tidak mampu, karena itu kewajiban sesuai Undang Undang Dasar," katanya.

Cara Pertamina, PLN dan Pupuk Indonesia Kembangkan Industri Hijau
Petugas PLN saat memasang sambungan listrik untuk warga.

Capaian PLN 2021: Pelanggan 82,5 Juta, Rasio Elektrifikasi 99,43%

Jumlah pelanggan PLN sudah mencapai 82,5 juta pelanggan, di mana sebagian besar atau hampir 50 juta adalah pelanggan rumah tangga.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2022