Kenali Tanda-tanda Gejala Varises

Ilustrasi kaki wanita
Sumber :
  • Pixabay/Greyerbaby

VIVA.co.id – Memiliki kaki ramping, indah dan mulus adalah impian semua wanita di seluruh dunia. Untuk mewujudkannya, penting bagi Anda memerhatikan, tak hanya keindahannya, tetapi juga kesehatan kaki. Mulailah memerhatikan kebiasaan dalam kehidupan, seperti pemakaian sepatu hak tinggi.

Kenalan dengan Varises: Kondisi Pembuluh Vena Tubuh yang Menonjol

Sebab, kaki yang terlalu sering mengenakan sepatu tinggi bukan tidak mungkin akan menyebabkan varises. Tidak hanya dari pemakaian sepatu tinggi, melakukan aktivitas fisik seperti latihan beban di pusat kebugaran juga dapat menimbulkan varises.

Kasus varises ini kebanyakan dialami oleh wanita dibanding pria. Selain berjenis kelamin wanita, faktor lain yang bisa meningkatkan seseorang terkena varises adalah obesitas, kehamilan, dan usia tua.

Kehamilan Picu Varises Kaki Hingga Vagina, Dokter Ungkap Alasannya

Seperti diketahui, varises adalah patologi pembengkakan dan pelebaran pembuluh darah vena yang biasanya terjadi pada bagian kaki akibat penumpukan darah. Mereka yang menderita penyakit ini, pembuluh venanya terlihat menonjol keluar berwarna biru atau ungu tua. Kadang-kadang bentuknya menyerupai simpul atau tali berpilin.

Dilansir Genius Beauty, menurut pakar kesehatan bahwa ada beberapa penyebab varises, seperti, predisposisi genetik, perubahan hormonal dan gaya hidup. Adapun tahap awal varises ditandai dengan rasa sakit di kaki, terutama setelah memakai sepatu hak tinggi, atau melakukan banyak aktivitas pada kaki.

Picu Dampak Berbahaya, Dokter Ungkap Terapi Stocking Ampuh Cegah Varises

Tentu saja, gejala tersebut tidak sepenuhnya menimbulkan varises dengan sendirinya, tetapi tak boleh dianggap enteng. Anda tetap harus memerhatikan masalah tersebut. Selain itu, bagi Anda yang mengalami pembengkakan pada kaki ini bisa menjadi awal akan mengalami varises.

Setiap pagi dan sore, Anda dapat mengukur lingkar kaki bagian bawah dan jika Anda melihat adanya perbedaan volume antara pagi dan malam melebihi 1 sentimeter, Anda harus berhati-hati. Sebab varises ditandai dengan pembengkakan pada kaki di malam hari yang menghilang hingga pagi.

Pada tahap awal varises, Anda mengalami rasa sakit yang mengganggu di sekitar kaki. Namun, bagi beberapa wanita yang sering mengeluhkan tentang mati rasa pada kulit dan kesemutan, ini juga bisa menjadi awal gejala varises.

Mungkin salah satu gejala yang paling mencolok dari varises adalah pembuluh darah di kaki yang mulai terlihat melalui kulit, tapi tidak menonjol dengan warnanya yang lebih intens. Bila Anda mengalami hal ini, segera konsultasikan dengan dokter yang ahli di bidangnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya