Perbaikan Jembatan Cisomang Secara Permanen Segera Dilakukan

Perbaikan retakan Jembatan Cisomang di Purwakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA.co.id – Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Arie Setiadi Moerwanto mengatakan, upaya perbaikan Jembatan Cisomang dalam tiga bulan ke depan akan difokuskan pada sejumlah hal teknis, terkait sejumlah aspek utama.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Beberapa di antaranya adalah menanggulangi dampak dari pergerakan tanah, kualitas pondasi pilar, dan sistem drainase di sekitar kawasan tersebut.

"Prinsip dasarnya, kita akan menahan pergerakan tanah di wilayah tersebut. Kemudian, kita juga akan memperkuat pilarnya, serta memperbaiki sistem drainase sehingga tidak ada air yang meluncur di antara lapisan endapan dan batuan," kata Arie saat dihubungi VIVA.co.id, Selasa 27 Desember 2016.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Ketika ditanya apakah akan dilakukan langkah lebih lanjut dalam upaya menyelesaikan masalah jembatan terkait aspek geologinya, Arie mengaku dalam tiga bulan ke depan hal itu juga akan menjadi fokus perhatian.

Pihaknya akan terus memantau perkembangan proses perbaikan Jembatan Cisomang, dan akan segera melakukan penyempurnaan yang dibutuhkan selama proses itu berjalan.

Jokowi: Jalan Inpres Gorontalo Penting untuk Tingkatkan Konektivitas Daerah

"Dalam tiga bulan ke depan kita akan mengurangi drainase dan mencegah dampak akibat potensi pergerakan tanah. Selama proses tiga bulan ini berjalan, nanti akan kita lihat perkembangannya, untuk kemudian segera dilakukan penyempurnaan kondisi pilar dan pondasinya.”

(mus)

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, dalam Kick-Off & Seminar BI Hackaton 2024, Senin, 29 April 2024.

Gubernur BI Ungkap Tujuan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025-2030

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memastikan saat ini pihaknya tengah berupaya menyempurnakan dan memperluas digitasi sistem pembayaran BSPI 2025-2030.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024