Bahaya Pakai Make-up saat Olahraga

Berolahraga.
Sumber :
  • Pixabay/Skeeze

VIVA.co.id – Tren pola hidup sehat semakin meningkat, salah satunya dengan berolahraga di pusat kebugaran atau gym. Namun, seringkali saat berolahraga, banyak kaum wanita yang tetap memakai kosmetik.

Pakai Sepatu Lari Buat Olahraga di Gym, Hati-hati Bisa Bikin Cedera Ini

Meski riasan wajah dianggap mampu meningkatkan kepercayaan diri, namun penggunaan make-up sebaiknya dihindari saat sedang berolahraga. Ini karena bisa memberi dampak buruk pada kulit wajah.

"Yang salah adalah saat nge-gym tetap dengan menggunakan make-up. Harusnya foundation dan bedak itu tidak dikenakan saat olahraga karena saat berolahraga, tubuh dan wajah akan berkeringat," ujar spesialis kulit dan kelamin, dr. Nur Dalilah SpKK di Ultimo Aesthetic & Dental Center, Jumat, 30 Desember 2016.

Ucapkan Selamat Tinggal, Legenda Skating Jepang Shoma Uno Umumkan Pensiun

Dokter yang akrab disapa Dalilah itu berujar, riasan wajah yang bercampur dengan keringat tidak baik untuk kulit wajah. Sebab, foundation dan bedak dapat menutup pori-pori kulit, sehingga sulit menjadi sulit bernapas.

"Efek clogging pada kulit menjadikan jerawat muncul. Apalagi kalau kulit sensitif, selain menimbulkan erupsi jerawat banyak, bahkan bisa menyebabkan kulit memerah," katanya.

Guinea Lolos, Berikut Daftar Lengkap Grup Olimpiade Paris 2024

Karena itu, Dalilah menyarankan saat akan berolahraga atau gym, untuk mencuci muka terlebih dahulu untuk menyegarkan dan membebaskan wajah dari kosmetik. Jika berolahraga di luar ruangan, bisa menggunakan sunblock untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

"Kecuali kalau olahraganya di luar ruangan, bisa pakai sunblock. Tapi cukup sunblock saja tanpa pakai apa-apa lagi seperti foundation atau bedak, itu jangan," kata dia.

Ilustrasi selingkuh

Terpopuler: Kebiasaan Orang Selingkuh di Malam Hari, Potret Mahalini-Rizky Febian saat Akad Nikah

Ramalan zodiak, potret Rizky Febian-Mahalini pakai adat Sunda saat akad nikah hingga manfaat olahraga untuk mencegah berbagai penyakit juga tak kalah dilirik pembaca.

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2024