Penghuni Perkantoran Sewa di Jakarta Semakin Sepi

Ilustrasi bangunan properti di Jakarta.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA.co.id – Konsultan properti Colliers International mengungkapkan bahwa hingga akhir 2016, tingkat hunian perkantoran di kawasan pusat bisnis di Jakarta, mengalami penurunan sebesar empat persen year on year

Melantai di Bursa New York, PropertyGuru Raup Dana Segar US$254 Juta

Penurunan juga terjadi di luar kawasan pusat bisnis sebesar 1,8 persen. Sehingga, secara keseluruhan total penurunannya mencapai 5,8 persen year on year

" Artinya, pertumbuhan hunian perkantoran cenderung flat secara year-on-year," kata Senior Associate Director Colliers International Ferry Salanto dalam paparannya di kawasan Sudirman, Jakarta, Kamis 5 Januari 2017.

Apartemen Antasari 45 Mangkrak, Begini Penjelasan Lengkap PDS

Ferry menyebut, rendahnya tingkat hunian di sektor perkantoran ini, diperkirakan terus berlanjut di sepanjang 2017. Hal ini, karena banyaknya para penyewa, atau tenant dan perusahaan berskala besar, cenderung melakukan ekspansi dengan membangun gedung perkantoran sendiri.

"Banyak gedung kantor, tetapi tingkat okupansinya hanya di bawah 60 persen. Padahal, idealnya 60 persen untuk menutup operating cost. Kalau di bawah 60 persen, itu pasti sulit untuk menutup operating cost," ujarnya. (asp)

23 Ribu Pohon Ditebang, Petani Coklat Gugat Sentul City Rp3,8 Miliar
Pengusaha properti Truong My Lan ditangkap korupsi Rp 191 triliun

Wow! Crazy Rich Vietnam Divonis Mati Gegara Korupsi 200 Triliun

Sosok Truong My Lan, merupakan salah satu figur terkemuka dalam dunia bisnis Vietnam yang namanya sudah tak asing lagi. Ia juga dikenal karena kepemimpinan yang visioner.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024