Ini Cara Kuliah di Australia Tak Bawa Uang Tunai

Pemaparan belajar di Australia.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA.co.id – PT Bank Commonwealth, anak perusahaan bank terbesar di Australia, yaitu Commonwealth Bank of Australia, meluncurkan AusStudent Study Package yang memberikan layanan keuangan bagi orangtua yang ingin menguliahkan anaknya ke Australia. 

Gara-gara Hal Ini, Nasabah Loyal BTN Meningkat 222 Persen

Director of Retail Banking Commonwealth Bank, Rustini Dewi mengatakan, program layanan keuangan ini diharapkan membantu para pelajar di Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikannya di Australia. Dengan layanan keuangan ini, akses transaksi keuangan antara orangtua di Indonesia dan anak di Australia akan lebih mudah. 

"Para pelajar pun tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar, atau travel cheque untuk keperluan selama di luar negeri," kata Dewi, di acara Grand Launching AusStudent Study Package di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis 12 Januari 2017. 

Laba Bersih BTN 2021 Naik 48,3 Persen, NPL Turun

Commonwealth Bank, kata dia, akan membantu para pelajar untuk memiliki rekening di Commonwealth Bank of Australia sebelum mereka berangkat. Selain itu, Dewi menyebut bahwa dalam program layanan AusStudent, akan diberikan bebas biaya penarikan tunai bagi orangtua maupun anak yang menggunakan kartu ATM di Australia.  

"Biasanya transfernya itu kan juga mahal. Kalau ini free of charge, kirimnya dua minggu sekali juga bisa bagi orangtua yang mau mengatur keuangan anaknya," kata dia. 

Kinerja BTN Lampaui Industri Perbankan Kala Pandemi karena Ini

Selain itu, dengan nilai tukar dolar Australia terhadap rupiah yang cenderung fluktuatif, ia menyebut dengan program ini akan diberikan nilai tukar yang lebih kompetitif. 

"Biasanya kan, kalau mengirim ke Australia itu kan menukar ke dolar Australia, dengan AusStudent ini exchange-nya sangat kompetitif kita berikan," ujar dia. 

Selain solusi layanan keuangan, Commonwealth Bank juga bekerja sama dengan SUN Education Group dalam memberikan manfaat lain berupa konsultasi pendidikan gratis, tes kecakapan Bahasa Inggris-IELTS gratis, bantuan pengurusan visa belajar dan medical Check up. Lalu, study package tersebut juga dapat ditukar dengan satu tiket pesawat ke Australia. 

"Terus kalau pelajar bikin kartu kredit kan susah, tetapi kalau dengan AusStudent, setelah tiga bulan jadi nasabah, bisa apply kartu kredit," katanya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya