Kejar Target Transaksi Harian, BEI Aktifkan Investor Tidur

Suasana Bursa Efek Indonesia (BEI).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id – PT Bursa Efek Indonesia terus berupaya mencapai target nilai rata-rata transaksi harian Rp8 triliun  di 2017. Salah satunya dengan mengaktifkan dua per tiga dari total investor di pasar saham di pasar modal.

Siapkan Rights Issue, J Trust Bank Bidik Tambahan Modal Rp1,2 T

Direktur pengembangan BEI, Nicky Hogan mengungkapkan, sejauh ini hanya ada 180 ribu investor yang aktif bertransaksi dari total 535 ribu investor yang tercatat di BEI per akhir Desember 2016.  

"Sampai akhir 2016 investor yang aktif hanya sepertiga dari total investor," katanya di Gedung BEI Jakarta, Kamis, 12 Januari 2017.

IHSG Masih Berpeluang Menguat, Simak Saham-saham Pilihan Hari Ini

Menurutnya, untuk meraih target Rp8 triliun tersebut, setidaknya setengah dari dua per tiga investor tidur itu harus bisa aktif kembali. "Setidaknya 50 persen dari dua per tiga yang tidak aktif itu bisa aktif di tahun ini," tuturnya.

Selain itu, pihaknya berharap kebijakan transaksi margin terkait penambahan nilai saham margin menjadi 200 saham akan mampu mendorong nilai rata-rata transaksi harian.

IHSG Dibuka Menguat, Investor Soroti Data Inflasi

"Saat ini ada 60 saham margin, nantinya akan ada 200 saham margin," ujarnya.

Nicky menambahkan, BEI juga tengah berupaya meningkatkan sosialisasi dan edukasi kepada publik untuk mendorong peningkatan jumlah investor. "Edukasi dan sosialisasi juga terus kami tingkatkan dalam rangka penambahan investor baru," tuturnya.

GoTo.

Harga Sahamnya Kerap Anjlok, Pihak GOTO Akhirnya Buka Suara

Terkoreksinya saham GOTO tentunya tak terlepas dari mekanisme pasar, yang bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor eksternal seperti makro ekonomi, hingga kinerja GOTO.

img_title
VIVA.co.id
8 Desember 2022