Lima Minyak Esensial untuk Atasi Masalah Rambut

Minyak esensial
Sumber :
  • pixabay/devanath

VIVA.co.id – Rambut merupakan mahkota dan simbol kecantikan, sehingga diperlukan perawatan rutin untuk membuatnya tetap indah dan sehat. Dan untuk menghindari berbagai masalah pada rambut dan kulit kepala, dibutuhkan minyak yang dapat menutrisi dan melembapkan serta menjaga kemilaunya.

Daun Jambu, Mampu Atasi Segala Macam Masalah Rambut

Bharti Taneja, ahli kecantikan dan Direktur Alp Beauty Clinics and Academis telah merilis jenis minyak yang tepat untuk masalah rambut Anda. Berikut ini sejumlah minyak ensensial yang tepat untuk mengatasi masalah rambut, seperti dikutip dari Times of India.
 
Minyak almond

Minyak ini merupakan solusi untuk rambut rontok dan rusak. Minyak ini mengandung semua jenis bahan yang sehat untuk rambut, seperti asam lemak Omega-3, vitamin E, fosfolipid dan magnesium. Minyak ini membuat rambut lebih bersinar sekaligus memelihara kulit kepala.

Sembilan Trik Mudah Hentikan Penipisan Rambut

Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah solusi untuk rambut kusut dan bercabang. Minyak zaitun memiliki sifat melembapkan, sehingga bagus untuk menjinakkan rambut kusut dan bercabang.

Efek Buruk Pakai Hijab saat Rambut Basah

Caranya, campur empat sendok makan minyak zaitun dengan satu kuning telur dan madu. Setelah itu, terapkan langsung ke seluruh kulit kepala dan rambut. Biarkan selama 30 menit, lalu cuci dengan bersih. Pastikan untuk tidak memanaskan minyak zaitun karena dapat menghilangkan sifat pelembap.

Ilustrasi minyak zaitun

Minyak wijen

Ini adalah solusi untuk rambut yang mudah beruban. Dengan kandungan gizi, pelumas dan penyembuh alami, minyak wijen dapat meningkatkan warna rambut dan mencegah rambut beruban sejak dini.

Minyak ini memiliki beberapa asam lemak esensial, seperti omega-3, omega-6 dan omega-9 yang memelihara rambut Anda dan meningkatkan pertumbuhan dan membuatnya mengkilap.

Minyak lavender

Minyak ini menjadi solusi untuk kulit kepala kering dan bersisik. Minyak lavender memiliki efek antidepresan, antibakteri dan antiinflamasi.

Minyak ini juga memiliki efek pelembap untuk menjaga kulit kepala terhidrasi dan sehat. Minyak lavender bisa dikombinasikan dengan minyak lain, seperti minyak jojoba untuk lebih menghidrasi sekaligus meringankan insomnia.

Ilustrasi rambut rontok

Minyak aromatik

Minyak ini bermanfaat untuk membuat rambut sehat dan berkilau. Minyak dengan aroma rosemary atau eucalyptus ini memiliki bau yang menyenangkan dan karena banyak masalah rambut terjadi karena stres mental atau fisik, bau minyak aromatik dapat meningkatkan suasana hati.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya