Birth Sling, Proses Bersalin yang Tengah Populer

Ilustrasi Birth Sling
Sumber :
  • Website of University of Minnesota Academic Health Center

VIVA.co.id – Melahirkan bukan lagi menjadi hal yang menakutkan. Sebab, sudah banyak metode melahirkan yang diyakini membuat si ibu nyaman.

Heboh Pria Berjenggot Melahirkan, Cek Faktanya

Sebelumnya, telah banyak bukti yang beredar bahwa melahirkan di air atau water birth merupakan cara yang meringankan rasa nyeri. Salah satu cara lain yang juga menjadi rekomendasi yaitu birth sling.

Metode birth sling, ternyata sudah dilakukan sejak ratusan tahun silam. Tapi cara melahirkan dengan birth sling tengah populer di Eropa dan Amerika.

Prajurit Menangis Saat Melihat Istrinya Melahirkan Lewat Facetime

"Cara ini sebenarnya adalah cara yang pernah digunakan wanita sejak jaman dulu, dan sekarang kami bawa kembali, dengan konsep lebih moderen," ujar bidan di San Francisco, Tracy Donegan, seperti dikutip dari laman Fox Health.

Birth sling merupakan proses persalinan yang memungkinkan sang ibu tetap bergerak di atas pengayun. Posisi tersebut tentu saja membuat kontraksi tidak begitu terasa dan kenyamanan saat proses bersalin berlangsung.

Hati-hati, Water Birth Ternyata Tak Direkomendasikan

Birth sling, diyakini berpotensi untuk membantu proses persalinan menjadi lebih cepat dan juga meringankan rasa sakit. Studi menunjukkan, kecil kemungkinan para wanita meminta penggunaan obat pereda nyeri, saat menggunakan pengayun.

Faktanya, wanita yang menggunakan posisi tegak lurus dan bergerak selama stase awal, dapat memiliki proses persalinan lebih pendek. Selain itu, posisi tersebut dapat menurunkan risiko untuk proses kelahiran sesar.

"Kami sudah mencari banyak cara untuk menurunkan angka persalinan dengan sesar, dan salah satu caranya dengan meningkatkan pergerakan saat kontraksi dan posisi tegak lurus," lanjut dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya