Tips Belanja Aman Saat Bepergian

Kartu kredit
Sumber :

VIVA.co.id – Berlibur bersama keluarga atau orang tercinta ke dalam atau ke luar negeri tentu sesuatu aktivitas yang sangat menggembirakan. Bagi yang tinggal di Asia Tenggara, sebuah perjalanan yang menyenangkan juga meliputi kesempatan untuk berbelanja dalam jumlah banyak.

BNI Pastikan Transaksi Lancar di Momen Lebaran hingga Tebar Diskon Belanja

Menurut studi Mastercard tahun 2016 bertajuk Consumer Purchasing Priorities, aktivitas belanja ternyata merupakan kegiatan liburan paling populer kedua, setelah menikmati pemandangan tempat wisata. Konsumen di kawasan ini menyisihkan hampir 20 persen dari anggaran liburan mereka untuk belanja.   
 
Survei Mastercard menunjukkan, mayoritas konsumen di Asia Tenggara sangat sadar terhadap kejahatan yang berkaitan dengan pariwisata dan menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayaran pilihan mereka saat bepergian. Hal ini terutama berlaku ketika mereka melakukan pembelian barang-barang mewah di kawasan Asia Pasifik.

"Sebanyak 64 persen konsumen memilih untuk membayar barang-barang mewah tersebut menggunakan kartu kredit," demikian hasil survei Mastercard seperti dikutip dari siaran pers di Jakarta, Kamis 2 Februari 2017.

Nikmati Beragam Kemudahan Transaksi QRIS Dengan Sumber Dana Kartu Kredit BRI Lewat Aplikasi BRImo

Keamanan finansial saat belanja dan berlibur menjadi penting untuk mencegah insiden-insiden pencurian maupun perampokan. Mastercard berbagi lima panduan untuk berbelanja aman, sehingga bisa bepergian dengan bebas dan nyaman.  

1. Sebelum memulai kegiatan berbelanja Anda, luangkan waktu satu hingga dua menit untuk meneliti terlebih dahulu di mana saja kartu pembayaran dapat diterima. Upaya tersebut dapat membantu Anda untuk merencanakan seberapa banyak uang tunai yang harus dibawa untuk toko-toko yang hanya menerima uang tunai.

Manjakan Nasabah Jelang Imlek, Bank Mandiri Tebar Promo dan Diskon

2. Daftarkan nomor telepon Anda dengan bank Anda untuk menerima notifikasi SMS, untuk memberikan Anda notifikasi dari setiap transaksi yang dilakukan.

3. Daripada membawa seluruh kartu pembayaran Anda, bawalah hanya kartu-kartu yang penting dan simpan sisanya, seperti paspor, dan kartu pembayaran lainnya, di tempat yang aman seperti hotel. Upaya tersebut dapat selalu membantu Anda untuk memiliki cadangan apabila kartu Anda hilang atau dicuri.

4. Ingin menyisihkan uang Anda saat berbelanja di luar negeri? Nikmati nilai tukar terbaik dengan menggunakan kartu kredit dan debit Anda.

5.  Apabila Anda kehilangan kartu, telepon bank Anda dan laporkan kehilangan tersebut secepatnya. Bank akan dapat menolong untuk memblokir kartu Anda dan menghubungkan Anda dengan staf spesialis yang dapat memastikan bahwa Anda menerima bantuan uang tunai darurat. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya