Daftar Merek Paling Bernilai Dunia, Google Salip Apple

Kantor Google di Tel Aviv
Sumber :
  • fngmagazine.com

VIVA.co.id – Krisis Galaxy Note 7 pada tahun lalu yang membuat Samsung kelimpungan di pasar smartphone, nyatanya tak pengaruhi merek mereka secara global. Sebab Samsung dinobatkan sebagai salah satu merek global papan atas pada 2017.

Harus Bangga Jika Punya 6 HP Samsung Ini

Menariknya lagi, posisi brand Samsung ini meningkat. Meski secara peringkat keseluruhan, Samsung masih di bawah merek Google, Apple, dan Amazon.

Laporan terbaru dari ‘Brand Finance Global 500 Report’ yang dirilis oleh konsultan evaluasi dari Britania, Brand Finance menunjukkan, merek Samsung bernilai US$66,2 miliar pada 2017. Pencapaian itu meningkat 13 persen dari sebelumnya US$58,6 miliar pada 2016. Sehingga Samsung naik satu peringkat di posisi ke-6.

Jangan Sampai Terlewat Ramadan Sale di Blibli, Promo Spesial Smartphone iPhone, Samsung dan Oppo

Dikutip dari Business Korea, Jumat 3 Februari 2017, merek perusahaan yang paling bernilai masih dipegang oleh Google dengan US$109,4 miliar. Angka tersebut naik 24 persen yang sebelumnya hanya US$88,2 miliar pada tahun lalu.

Peningkatan nilai brand yang terjadi di tubuh Google sebesar US$21,2 miliar itu mampu menggeser Apple dari singgasana brand ternama di pasar global sejak 2011.

3 Rekomendasi HP Samsung Terbaik Harga Dibawah Rp 5 Juta, Bisa Buat Hadiah Lebaran

Apple mempunyai merek senilai US$107 miliar. Perusahaan yang dipimpin Tim Cook ini harus mengalami penurunan nilai brand mereka sebesar 27 persen. Pada 2016, Apple memiliki nilai merek US$145,9 miliar.

Chief Executive Officer Brand Finance David Haigh mengatakan, Apple telah berjuang untuk mempertahankan keunggulan teknologinya pada produk unggulannya, yaitu iPhone. Sementara di pasar smartphone Tiongkok, sudah berjejal dikuasi oleh merek ponsel lokal.

"Apple telah hidup dengan waktu yang lama selama beberapa tahun (di peringkat pertama) dengan memanfaatkan akumulasi ekuitas mereknya. Ini menggarisbawahi banyak merek yang kuat, Apple harus merelakannya," kata Haigh.

Perlu diketahui dari 10 besar teratas brand paling bernilai secara global ini dikuasai oleh delapan perusahaan yang berbasis dari Amerika Serikat, yakni Google, Apple, Amazon, AT&T, Microsoft, Verizon, Walmart, dan Facebook.

Berikut 10 besar peringkat brand ternama di dunia pada 2017, versi Brand Finance:

1. Google (US$109,4 miliar)
2. Apple (US$107 miliar)
3. Amazon (US$106 miliar)
4. AT&T (US$87 miliar)
5. Microsoft (US$76 miliar)
6. Samsung Group (US$66 miliar)
7. Verizon (US$65 US$)
8. Walmart (US$62 miliar)
9. Facebook (US$61 miliar)
10. ICBC (US$47 miliar)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya