Perbaikan Pantura Ditargetkan Rampung Dua Minggu

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, mengawasi perbaikan jalan Pantura
Sumber :
  • VIVA.co.id/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA.co.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan perbaikan jalan rusak sepanjang jalur utama pantai utara Jawa Barat, dari Cikampek sampai Losari, selesai dalam waktu dua minggu ke depan.

Ketika Jokowi Goda Menteri Basuki Saat Kemah di IKN

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan, perbaikan jalan ini akan dilakukan dalam dua tahap, yakni perbaikan sementara, dan dilanjutkan dengan perbaikan permanen.

Perbaikan sementara dilakukan untuk mencegah jumlah lubang bertambah dan membesar, agar tidak membahayakan pengguna jalan. Untuk perbaikan permanen akan dilakukan saat cuaca cerah, dengan penghamparan aspal dalam jumlah lebih besar.

PUPR Pacu Pembangunan Infrastruktur Food Estate Humbang Hasundutan

"Dalam waktu dekat kita perbaiki dengan menutup lubang, sambil menunggu proses lelang selesai untuk perbaikan menyeluruh, dari Cikampek sampai Losari. Kurang lebih 120 kilometer," ujar Basuki dalam keterangan tertulisnya, Rabu 15 Februari 2017.

Dengan hujan deras yang kerap terjadi, Basuki meminta kepada para pelaksana yang bertanggung jawab atas pemeliharaan Jalan Pantura untuk membuat perencanaan yang lebih baik.

40 Tahun Tak Direvitalisasi, Menteri Basuki Sulap TMII Jadi Begini

"Dibuat rencana kerja berdasarkan tren hujan yang sering terjadi, karena hujan tidak sepanjang hari. Begitu berhenti hujannya, laksanakan pekerjaannya," kata Basuki.

Dia juga meminta kepada semua Satker di daerah, untuk tidak segan menyampaikan permohonan bantuan kepada pimpinan jika menemui kendala yang sulit dihadapi.

"Jangan sampai karena ada kendala, tidak disampaikan hingga timbul kerusakan seperti ini. Jaga kredibilitas kita dalam membangun dan merawat infrastruktur," ujar Basuki.

Basuki mengaku pihaknya telah memerintahkan seluruh Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional, untuk segera melakukan penanganan darurat kerusakan jalan, dan jembatan pada ruas jalan nasional, dalam rangka menjaga pelayanan publik.

“Kita akan percepat perbaikannya. Minggu ini saya instruksikan semua personil di balai-balai jalan sudah turun ke lapangan untuk menangani perbaikan jalan di seluruh Indonesia. Prioritas utama untuk Pantura Jawa, Wangon, Pasuruan dan Gresik, harus segera diperbaiki," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya