Investasi Diprediksi Jadi Kunci Pertumbuhan Ekonomi RI 2017

Uang rupiah dan dolar AS.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Kunci utama pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini terletak pada investasi. Sebab, sudah ada tanda-tanda yang cukup positif dari beberapa data, yang menunjukkan pemulihan.

Dirut BRI Ungkap 2 Faktor yang Bisa Selamatkan Indonesia dari Resesi di 2023

Demikian menurut Ekonom DBS Group Research, Gundy Cahyadi. Namun, dia juga melihat pertumbuhan di sektor manufaktur, yang masih mengecewakan, menjadi halangan utama untuk potensi investasi tahun ini. 

"Bagaimanapun, kami melihat tanda-tanda yang cukup positif dari beberapa data belakangan ini, seperti pemulihan pada pertumbuhan ekspor, data Investasi Asing Langsung (FDI) yang menunjukkan bahwa adanya FDI ke sektor manufaktur menyentuh rekor tertinggi di tahun 2016, " ujar Gundy dalam paparannya di hotel The Hermitage Jakarta, Selasa 28 Februari 2017. 

Sri Mulyani Ingatkan Risiko yang Intai Ekonomi Global, RI Siapkan Ini

Menurut dia, membaiknya pertumbuhan ekspor juga merupakan satu hal yang positif. Kontribusi dari net ekspor untuk GDP growth diperkirakan akan naik tahun ini.

"Jadi, hal itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa kami melihat akan adanya pertumbuhan GDP yang lebih tinggi di tahun 2017," kata Gundy. 

Hadapi Krisis Global, Ekonomi RI Harus Kurangi Ketergantungan pada AS

Dengan membaiknya fundamental ekonomi, lanjut Gundy, bisa terlihat lebih jelas kalau Standard & Poor (S&P) akan menaikkan credit rating Indonesia pada tahun ini. (ren)

Menteri BUMN, Erick Thohir menghadiri Pesta Rakyat Simpedes

Dukung UMKM Indonesia, BRI Gelar Pesta Rakyat Simpedes

Dalam rangka mendukumg satu pilar perekonomian bangsa yakni UMKM, PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) menggelar Pesta Rakyat Simpedes (PRS) 2023, pada Juli-September 2023.

img_title
VIVA.co.id
15 Juli 2023