Badan Pengusahaan Batam Incar Target Investasi US$580 Juta

Pengeboran minyak di Pulau Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia
Sumber :
  • Reuters/Edgar Su

VIVA.co.id – Badan Pengusahaan Batam menargetkan nilai investasi yang dapat masuk pada tahun ini sebesar US$580 juta. Angka ini meningkat dari 2016, yang realisasinya mencapai US$471 juta. 

Kembangkan Kawasan Batam, Menko Perekonomian Serahkan Dua PP KEK

Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Hatanto Reksodipoetro, mengatakan target tersebut ia ingin fokus kepada  proyek pembangunan green technology dan high tech.

"Kenapa? Karena environment, karena high tech menggunakan tenaga Indonesia yang lebih berkualitas dan skilled,"  kata dia. 

Sirkuit Balap Bertaraf Internasional Akan Dibangun di Batam

Ia menambahkan bahwa dengan fokus pada peningkatan standar keterampilan tenaga kerja, dapat mengurangi kemungkinan adanya demonstrasi penuntutan kenaikan gaji. 

"Kalau dia (tenaga kerja berketerampilan lebih) dapat gaji Rp7 juta atau Rp5 juta, kan dia enggak ada urusan UMR (Upah Minimum Regional) kan. Jadi, kita dorong itu supaya high tech," ujarnya. 

Lebaran Usai, Kepala BP Batam Tinjau Kesiapan Pelabuhan Batu Ampar

Target tersebut pun pihaknya kejar di tengah proses penindakan terhadap perusahaan yang melakukan penelantaran lahan proyek, yang dicatat ada sebanyak 2.604 persil hingga saat ini. (one)

Kepala BP Batam Muhammad Rudi

Beri Kemudahan Berinvestasi, BAT Apresiasi BP Batam

Terbitnya PP tentang KEK, Rudi mengatakan sebagai Pemerintah Daerah dan Kepala BP Batam, pihaknya akan tingkatkan fasilitas lain.

img_title
VIVA.co.id
15 Juni 2021