Dihadiri 21 Negara, KTT IORA Resmi Dibuka 

21 Negara hadiri peresmina KTT IORA 2017 di JCC, Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA.co.id – Indonesia mendapat kepercayaan sebagai tuan rumah penyelenggaraan Indian Ocean Rim Association (IORA) Summit 2017 atau Konferensi Tingkat Tinggi Asosiasi Negara Lingkar Samudera Hindia. Ajang tersebut telah dihadiri delegasi dari 21 negara anggota KTT IORA yang dimulai hari ini, Minggu 5 Maret 2017 hingga Selasa 7 Maret 2017. 

RI Punya Banyak Produk Menarik untuk Pasar IORA

IORA beranggotakan 21 negara, di antaranya yaitu Afrika Selatan, Australia, Bangladesh, Komoro, India, Indonesia, Iran, Kenya, Madagaskar, Malaysia, Mauritius, Mozambik, Oman, Uni Emirat Arab, Seychelles, Singapura, Somalia, Sri Lanka, Tanzania, Thailand, dan Yaman. IORA juga menggandeng tujuh negara mitra dialog, yaitu Amerika Serikat, Inggris, Jepang, Jerman, Mesir, Prancis, dan China.

Pada hari ini, agenda IORA diawali dengan Senior Official Meeting (SOM) dengan 21 delegasi negara. Pertemuan itu dibuka oleh Direktur Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri, Desra Percaya. 

Anggunnya Gaya 5 Istri Kepala Negara Peserta KTT IORA

"Saya sangat senang ini menjadi acara yang ketiga kalinya di Indonesia, dulu pada 2015 di Padang, Sumatera Barat dan juga 2016 di Yogyakarta," kata Desra di hadapan 21 delegasi dari negara anggota IORA, di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta, Minggu 5 Maret 2017. 

Ia mengatakan, asosiasi ini masih memiliki perjalanan yang panjang ke depannya. Ajang kali ini, ujar dia, menjadi batu loncatan untuk meningkatkan kerja sama di berbagai bidang, dari masalah keamanan dan keselamatan maritim, fasilitasi perdagangan dan investasi, manajemen perikanan, manajemen risiko bencana, kerja sama akademis, ilmu pengetahuan dan teknologi serta pariwisata dan pertukaran budaya. 

KTT IORA Momentum Dongkrak Ekspor RI

"Saya bersyukur, untuk perjalanan panjang kita dan tentunya baik untuk kepentingan asosiasi," kata dia. 

Desra mengatakan, perekonomian tiap negara dapat terus didorong melalui kerja sama yang baik. Desra juga berpesan kepada 21 delegasi anggota IORA untuk tidak lupa menikmati wisata yang ada di Jakarta. 

"Jangan lupa, eksplore Jakarta," tutur dia. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya