Lebaran, BI Yogya Siapkan Dana Tunai Triliunan Rupiah

Logo Bank Indonesia.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside/Files

VIVA.co.id – Guna memenuhi kebutuhan uang untuk masyarakat saat Lebaran, Bank Indonesia (BI) Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan uang sebanyak Rp7,9 triliun. Jumlah itu berdasarkan proyeksi kebutuhan setelah berkoordinasi dengan seluruh perbankan DIY. 

BI Fast Payment, Jawaban untuk Kebutuhan Transaksi Murah

"Ada kenaikan 13 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu," ujar Kepala Kantor Perwakilan BI DIY Budi Hanoto, Selasa 6 Juni 2017.

Menurutnya, peningkatan penyediaan uang rupiah disebabkan karena Lebaran bersamaan dengan libur panjang dan kenaikan kelas. 

Cadangan Devisa RI Februari 2022 Naik Tipis, Ini Pendorongnya

BI sendiri tidak melayani penukaran untuk masyarakat secara langsung, melainkan lewat bank dan kas keliling. Penukaran uang pun gratis alias tidak dipungut biaya. 

"Setiap mobil kas keliling kami beri modal Rp380 juta dan jumlah mobil setiap bank berbeda-beda tergantung dari pengajuan mereka," jelasnya.

BI Terbitkan Aturan Ketentuan Intensif untuk Perbankan

Penukaran uang lewat kas keliling sudah dimulai sejak 29 Mei lalu. Budi juga mengimbau masyarakat untuk melakukan penukaran di tempat yang resmi atau lembaga perbankan. "Jangan melakukan penukaran uang yang beroperasi di jalan-jalan," ucapnya.

Ilustrasi dolar AS

Utang Luar Negeri Indonesia Turun Jadi US$413,6 Miliar

Angka utang luar negeri tersebut turun dibandingkan dengan bulan sebelumnya yang sebesar US$415,3 miliar.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2022