Kondisi Aminah Cendrakasih Kini Memprihatinkan

Aminah Cendrakasih
Sumber :
  • satu jam lebih dekat-tvOne

VIVA.co.id – Masih ingat dengan sosok Nyak dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan yang tayang pada dekade ’90-an? Tokoh tersebut dikenal cerewet dan sering mengomeli anak serta suaminya, sehingga sukses menampilkan peran yang relevan sebagai ibu rumah tangga.

Banjir, Aminah Cendrakasih Pemeran Mak Nyak Si Doel Dievakuasi

Nyak diperankan oleh Aminah Cendrakasih, aktris yang telah malang melintang di dunia perfilman sejak tahun 1950-an. Lahir dari pasangan pelawak Husni Nagib dan aktris Wolly Sutinah, bakat seni lantas menurun pada diri Aminah.

Kiprah Aminah di dunia akting, mesti terhenti sejak tahun 2006 lalu. Ia divonis menderita penyakit glukoma, kehilangan penglihatannya, dan sampai saat ini tak berdaya di atas kasur.

Diantar Ambulans, Aminah Cendrakasih Semangat Syuting Film Si Doel

Semua terjadi pada saat pemain film Jinak-jinak Merpati itu terjatuh di kamar mandi pada tahun 2007 silam. Setelahnya, ia memiliki kendala dalam bergerak dan hanya bisa rebahan di kasur sekira lima tahun ke belakang.

“Saya pasrah dengan keadaan saya. Mungkin saya disuruh untuk beristirahat, dari dahulu saya kerja saja, dan sekaranglah saatnya saya bisa beristirahat,” ujarnya, dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI.

Kondisi Sakit, Aminah Cendrakasih Tetap Berakting di Si Doel

Nama Aminah saat ini tercatat di Kemdikbud sebagai peraih anugerah berupa Tanda Kehormatan Satyalancana Kebudayaan. Simbol penghargaan tersebut diberikan oleh Presiden Joko Widodo atas pengabdiannya selama 55 tahun di industri perfilman nasional.

Sesuai kabar yang beredar, Aminah kini masih terbaring lemah sambil menjalani perawatan di rumah anaknya, Tangerang, Banten. Di usianya yang ke-79, kiprah terdahulunya masih mampu diperhitungkan sebagai salah satu aktris berbakat milik Tanah Air.

Keluarga Si Doel.

Rano Karno Cerita Proses Evakuasi Aminah Cendrakasih saat Banjir

Saat ini, Aminah Cendrakasih sudah kembali ke rumah anaknya.

img_title
VIVA.co.id
6 Januari 2020