20-7-1944: Adolf Hitler Selamat dari Upaya Pembunuhan

Usaha pembunuhan Adolf Hitler
Sumber :
  • www.mirror.co.uk

VIVA.co.id – Hari ini 73 tahun yang lalu, pimpinan tertinggi Nazi, Adolf Hitler selamat dari percobaan pembunuhan.

76 Tahun Terkubur, Militer Rusia Temukan Harta Pasukan Hitler

Dikutip dari laman on this day, percobaan pembunuhan itu diotaki oleh Claus von Stauffenberg. Ia tak sendirian karena ada beberapa orang yang juga ingin Hitler mati. Menggunakan kata sandi, Operasi Valkyrie, upaya pembunuhan itu dilakukan di lapangan Wolf's Lair, dekat Rastenburg, Prusia Timur.

Tujuan sebenarnya dari upaya pembunuhan tersebut adalah untuk merebut kendali politik Jerman dan angkatan bersenjata dari Partai Nazi (termasuk SS). Kelompok pelaku yang sebagian besar adalah jenderal berbintang itu juga ingin agar Jerman segera berdamai dengan  Barat, sekutunya, sesegera mungkin.

Mengenal Adolf Hitler, Meninggal Bunuh Diri Usai 36 Jam Menikah

Upaya pembunuhan yang didalangi para jenderal ini menjadi indikasi, tak semua perwira Wehrmacht berpangkat tinggi menyukai Hitler. Dari kabar yang berembus, para perwira tinggi itu sudah memiliki rincian prakarsa perdamaian. Tak jelas apa isinya, namun kemungkinan besar mencakup tuntutan untuk  menerima aneksasi teritorial yang luas oleh Jerman di Eropa.

Upaya tersebut merupakan puncak dari upaya beberapa kelompok perlawanan Jerman untuk menggulingkan pemerintah Nazi Jerman. Kegagalan pembunuhan dan kudeta militer yang direncanakan menyebabkan penangkapan terhadap 7.000 orang oleh Gestapo, dengan  4.980 orang dieksekusi. (mus)

adolf hitler

Benci yang Mendalam, 5 Alasan Hitler Ingin Memusnahkan Umat Yahudi

Tampaknya tidak seorang pun di dunia ini yang membenci Yahudi melebihi Hitler. Dia tidak seperti kita yang bila benci kepada seseorang mungkin hanya akan diam saja.

img_title
VIVA.co.id
4 Maret 2022