21-7-1969: Untuk Pertama Kali Manusia Mendarat di Bulan

Neil Armstrong
Sumber :
  • REUTERS/NASA/Handout

VIVA.co.id – Hari ini, 48 tahun yang lalu, Neil Armstrong menjejakkan langkah manusia pertama di bulan. Ia melangkah selama sekitar 20 menit sejak pertama kali membuka pintu kapal induk pendarat, Eagle. Sebelumnya, ia sudah memberi kabar lebih dulu ke bumi. "Houston, Tranquility Base di sini. Elang telah mendarat," ujarnya, seperti dikutip dari History.

Google Rayakan Pendaratan di Bulan Pakai Pembangkit Listrik

Saat menjejakkan kaki kirinya, Armstrong menyampaikan kalimat yang menjadi legenda. "Ini adalah sebuah langkah kecil manusia, namun menjadi satu lompatan raksasa untuk umat manusia," katanya. Armstrong, dikutip dari BBC History juga mengatakan bahwa mereka datang dengan damai.

Menurutnya, permukaan bulan terasa seperti bubuk arang, dan pendaratan Eagle membuat tanah di bulan amblas hingga sekitar satu kaki. Melalui kamera yang dipasang di Eagle, aktivitas Armstrong dan rekan astronotnya, Edwin "Buzz" Aldrin direkam. Keduanya memotret dan mengambil sampel tanah.

Air Canada Mendarat Darurat di Honolulu, 9 Penumpang Jadi Korban

Saat-saat bersejarah tertangkap di kamera televisi yang dipasang di Eagle dan dinyalakan oleh Armstrong. Keduanya terus bergerak menelusuri bulan, sebelum akhirnya menancapkan bendera AS. Mereka juga memperlihatkan plakat dengan tanda tangan Presiden Nixon dengan tulisan, "Di sini manusia dari planet Bumi pertama kalinya menginjakkan kaki di Bulan, pada Juli 1969. Kami berdamai untuk semua umat manusia."

Setelah merekam pengalaman mereka dengan kamera televisi portabel, para astronot menerima pesan dari Presiden AS, Nixon, yang berada di Gedung Putih.Kepada mereka, Nixon berbicara tentang kebanggaan rakyat Amerika. "Ini pasti merupakan panggilan telepon paling bersejarah yang pernah dibuat," ujarnya.

Benarkah Misi Rusia Ini Akan Membongkar Pendaratan AS di Bulan?

Aksi perdana pendaratan manusia di Bulan yang berhasil dicapai AS membuat banyak negara mengirimkan ucapan selamat. Salah satunya adalah Inggris. Radio Moskow bahkan mengumumkan berita tersebut dalam sebuah siaran khusus.

Aksi pendaratan di Bulan yang dilakukan AS menjadi sejarah. Meski sampai sekarang masih banyak yang meragukan, namun sejarah telah mencatatnya. AS menjadi negara pertama yang berhasil mencapai misi ke Bulan.

India Sudah Sampai Bulan

INFOGRAFIK : India Sudah Sampai Bulan

Rakyat India merayakan keberhasilan pendaratan misi ke Bulan untuk pertama kalinya dalam sejarah negaranya. India menjadi negara sekian dalam perlombaan misi ke Bulan ini

img_title
VIVA.co.id
26 Agustus 2023