Begini Cara Pakai Kartu Kredit agar Dompet Tak Bobol

Ilustrasi kartu kredit.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Penggunaan kartu kredit seringkali menjadi masalah dalam pengelolaan keuangan. Pengeluaran tak terduga hingga bunga yang melambung, membuat sebagian orang justru kewalahan dalam menggunakan kartu kredit. 

Manjakan Nasabah Jelang Imlek, Bank Mandiri Tebar Promo dan Diskon

Padahal, menurut Bianto Surudjo, direktur Retail Banking PermataBank, pengelolaan dan penggunaan kartu kredit yang baik dan bertanggung jawab, justru bisa menjadi suatu investasi bagi kekayaan. 

"Kalau seorang mengambil kredit KPR (kredit pemilikan rumah), misal bunganya delapan persen tapi peningkatan properti bisa 13 persen, kalau diambil itu justru akan menjadi sumber wealth yang terakumulasi dengan baik," kata Bianto, saat ditemui di Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta Selatan, Rabu 2 Agustus 2017. 

Cerita Inul Daratista Saat Anaknya Diam-diam Habiskan Rp65 Juta untuk Game

Namun, ia menekankan bahwa level utang juga mesti dijaga dengan baik dan sesuai dengan kemampuan untuk membayarnya. 

"Misal kredit card kalau wise, kalau dipakai tepat pada waktunya akan sangat praktis, karena tanpa melibatkan uang cash. Dan, kita bisa tracking pengeluaran, tahu belanja weekend berapa, belanja baju berapa," ungkap dia. 

Jutaan Warga China Berusia 18-59 Tahun Masuk Daftar Hitam karena Gagal Bayar Pinjaman

Sebaliknya, jika digunakan dengan tidak bijak, justru akan terjadi sebaliknya. Tabungan justru bisa ludes, jika kartu kredit digunakan tidak bertanggung jawab. 

"Sayangnya, masyarakat Indonesia yang masih belum memahami masalah itu," kata dia.

cara daftar BRImo untuk pengiriman yang jauh lebih mudah dan efisien

Nikmati Beragam Kemudahan Transaksi QRIS Dengan Sumber Dana Kartu Kredit BRI Lewat Aplikasi BRImo

Layanan dan produk PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI dinilai semakin mudah dijangkau dan kekinian sehingga dapat memuaskan nasabah.

img_title
VIVA.co.id
16 Februari 2024