7-8-1967: China Resmi Sokong Vietnam Utara Habis-habisan

Suasana Perang Vietnam pada 1960an.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – Pada 50 tahun silam, ditandatangani kesepakatan antara Republik Rakyat China atau RRC dengan Vietnam Utara. Kesepakatan tersebut memuat bantuan China terhadap Vietnam Utara, baik dalam hal ekonomi dan militer.

Jenderal Tommy Franks: TNI Gurunya Tentara Vietnam dan Korea Utara

Koran lokal Nhan Dan sebagaimana dikutip dari laman History.com melaporkan soal perjanjian tersebut. Dilaporkan bahwa bantuan China kepada Vietnam Utara selama perang diterakan dalam jumlah tak terbatas.

Dukungan RRC tersebut tak lepas dari dianutnya paham Komunis di Vietnam Utara, termasuk pada saat RRC menyokong Vietminh melawan Prancis yang sempat menduduki wilayah Vietnam tersebut. Bahkan, setelah Prancis dipukul mundur, RRC tetap meneruskan bantuan kepada Hanoi.

Operasi Babylift, Misi Evakuasi Massal Anak-anak Yatim Perang Vietnam

Sementara bantuan militer China yang lebih awal terhadap Vietnam Utara adalah penyediaan alat utama sistem persenjataan udara dan diturunkannya para serdadu China ke wilayah itu. Para serdadu, selain membantu Vietnam Utara melawan penjajah, juga diperbantukan mengamankan jalur-jalur transportasi dan komunikasi Vietnam Utara.

China pernah mengklaim, sudah menurunkan hingga 320 ribu jumlah pasukannya ke Vietnam Utara. Bahkan disebutkan hingga 1000 orang prajurit China harus tewas di negara Paman Ho. (ren)

Monumen Perang Vietnam Jadi Sasaran Vandalisme
Ilustrasi sejarah.

5 Bencana yang Mengubah Alur Sejarah Dunia, Apa Saja?

Sepanjang sejarah, ada banyak bencana besar yang mengubah kebiasaan sejarah manusia. Disebut bencana juta besar karena menelan korban puluhan hingga jutaan nyawa.

img_title
VIVA.co.id
25 Mei 2023