24-08-79: Letusan Vesuvius Lenyapkan Kebesaran Kota Pompeii

Ilustrasi letusan gunung Vesuvius
Sumber :
  • YouTube/https://www.youtube.com/watch?v=xODyKtpzRJM

VIVA.co.id – Pada tahun 79 gunung Vesuvius meletus dan ditengarai kuat letusan itu terjadi pada hari ini, tanggal 24 Agustus. Setelah ratusan tahun "tertidur" Vesuvius meletus dan menghancurkan dua kota di wilayah kerajaan Romawi yaitu Pompeii dan Herculaneum.

5 Letusan Gunung Berapi Terbesar Dalam Sejarah Dunia, No 5 Azab Kaum Homoseksual

Dilansir dari laman History.com, erupsi gunung api Vesuvius menyebabkan korban tewas hingga ribuan orang. Bahkan Pompeii dan Herculaneum juga terkubur dan baru ditemukan kembali pada abad ke-18.

Baik Pompeii maupun Herculaneum memang terletak tak jauh dari Vesuvius dan berada di tepi pantai Naples, Italia. Pada masa kekaisaran Romawi, ada 20 ribu orang hidup di Pompeii yang berasal dari kalangan pedagang, pekerja produksi barang dan petani.

6 Kota Maksiat di Dunia yang Diazab Tuhan, Ada Pompeii dan Sodom

Namun sebelumnya tak ada yang menyangka bahwa kesuburan tanah Pompeii dan Herculaneum selama itu adalah hasil dari tanah erupsi Vesuvius sebelumnya.

Diketahui bahwa tanah di dua kota itu sangat subur khususnya untuk perkebunan anggur dan tanaman anggrek.

Cek Fakta: Foto Anak dan Ibu Korban Semeru Ditemukan Tewas Berpelukan

Sementara Herculaneum pada saat itu sudah ditinggali oleh 5000 orang dan menjadi tujuan wisata orang-orang Roma yang kaya pada saat itu. Namun pada tanggal 24 Agustus tahun 79, kekayaan dan keindahan dua kota itu hancur setelah ditelan erupsi besar gunung api Vesuvius.

Lukisan Pizza Kuno

Geger Temuan Lukisan Nenek Moyang Pizza di Reruntuhan Romawi Kuno, Pompeii

Belum lama ini sebuah fresco yang menarik telah ditemukan di reruntuhan kota Romawi kuno, Pompeii. Lukisan ini diyakini menggambarkan nenek moyang pizza Italia.

img_title
VIVA.co.id
31 Juli 2023