Tips Hemat Listrik Rumah

Ilustrasi hemat listrik
Ilustrasi hemat listrik
Sumber :

VIVA.co.id –  Listrik adalah salah satu kebutuhan hidup kita. Tanpa listrik, mungkin kita tidak bisa melakukan berbagai aktivitas seperti biasanya. Karena kebutuhan kita terhadap listrik cukup tinggi, sebagai timbal baliknya kita harus rutin membayar tagihan listrik yang telah digunakan setiap bulannya. 

Hal yang menjadi masalah belakangan ini adalah keluhan atas membengkaknya tarif dasar listrik yang membuat tagihan listrik semakin besar. Ini tentu dapat membuat pengeluaran per bulan kita juga ikut membesar.

Selain itu, jika tagihan listrik lebih besar dari sebelumnya, bisa jadi dalam hal penggunaan listrik di rumah tangga juga kurang hemat. Coba lakukan pemeriksaan dulu apakah ada alat elektronik yang selalu tersambung dengan sumber listrik tanpa diketahui Anda? Mungkin itu salah satu penyebab tagihan listrik membengkak.

Hal yang diinginkan sebagian besar orang terhadap tarif listrik ini adalah agar tagihan listrik bisa lebih hemat. Untuk itu, simak tips dan cara dari Cermati.com berikut ini untuk menghemat listrik di rumah.

1. Gunakan listrik seperlunya 

Sebaiknya Anda menggunakan listrik seperlunya saja. Hindari penggunaan listrik jika tidak sedang dibutuhkan. Selain menghemat pengeluaran, menggunakan listrik seperlunya juga akan membuat energi listrik tidak terbuang sia-sia.

2. Sesuaikan suhu AC dengan luas ruangan