Jadi Kawasan Terpadu, Bekasi-Karawang-Purwakarta Disulap

Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhammad Yasir

VIVA – Pemerintah sedang mengkaji tiga daerah, yakni Bekasi, Karawang, dan Purwakarta, untuk menjadi kawasan industri terpadu.

Mengintip Potensi Ekonomi Daerah Pariwisata Super Prioritas Likupang

Hal tersebut diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, usai melaporkan ke Presiden Joko Widodo, Senin 21 November 2017.

"Sekarang studinya sedang jalan, kira-kira awal bulan depan akan selesai. Kira-kira, bentuknya itu kawasan industri terpadu," kata Luhut, di Istana Negara, Jakarta.

Investasi KEK Capai Rp92,3 Triliun, Serap 26.741 Tenaga Kerja

Kawasan industri terpadu, lanjut Luhut, berbeda dengan kawasan ekonomi khusus (KEK). Kawasan industri terpadu ini, nantinya adalah kawasan yang menggunakan sistem perizinan yang dipermudah.

"KEK itu di dalamnya UU ada intensif fiskal. Mereka enggak minta itu. Jadi, enggak mungkin jadi kawasan ekonomi khusus," kata Luhut.

KPK Pastikan Usut Tuntas Kasus Korupsi PT Nindya Karya

Untuk itu, kawasan terpadu ini diharapkan sistem perizinannya akan satu pintu. Sehingga, mempermudah pengusaha dan investor yang berhubungan dengan kawasan industri terpadu itu.

"Itu timnya dari semua kementerian, dari Bappenas, perindustrian, perdagangan. Kajiannya itu," lanjut Luhut.

pabrik Pupuk Iskandar Muda-2 (PT.PIM) Aceh Utara

PIM dan PGN Berkolaborasi Kembangkan Bisnis di KEK Arun Aceh

Salah satu kolaborasi bisnis PIM dan PGN di KEK itu adalah pengembangan hilirisasi gas bumi, berbasis amonia dan metanol.

img_title
VIVA.co.id
26 Februari 2022