Libur Akhir Tahun, Contraflow di Jalan Tol Diberlakukan

contraflow di Tol Cikampek/Ilustrasi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/TMC Polda Metro Jaya

VIVA – Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  dan sejumlah pihak berwenang telah menyiapkan prosedur operasional standar (SOP) terkait pelaksanaan angkutan saat libur Natal dan Tahun Baru 2018. Salah satu yang diatur adalah rekayasa lalu-lintas di jalan tol strategis, berupa penerapan contraflow untuk mencegah macet parah.

Pulang Liburan dari Bali? Oleh-oleh Murah Meriah Ini Wajib Dibawa Pulang

Menurut Kepala BPJT, Herry Trisaputra Zuna, SOP ini rutin mereka terapkan setiap tahun. Mengantisipasi libur akhir pekan panjang (long weekend) akhir tahun ini, antisipasi kepadatan lalu lintas akan diberlakukan di area padat kendaraan. Salah satunya adalah tol Jakarta-Cikampek yang merupakan jalur utama kendaraan ke luar Jakarta.

"Jadi di lapangan itu ada yang sifatnya SOP. Kalau padat, ada contraflow, lalu penanganan di rest area. Ini semua disiapkan oleh BUJT. (Contraflow) di Jakarta-Cikampek terutama," kata Herry saat ditemui di Hotel Borobudur Jakarta, Senin 18 Desember 2017.

Bintang KDI Star, Idol Hingga Bowo dan Chia Ramaikan The Jungle Sensation 16 Tahun

Contraflow nanti demi mengurai kepadatan kendaraan yang keluar dari Jakarta. Bahkan, sejumlah pekerjaan di jalan tol Jakarta-Cikampek juga akan dihentikan sementara.

"Volumenya kalau saat libur kan padat, sehingga jumlah lajur yang ada tidak memadai, sehingga perlu ditambah dari sebelah. Bahkan kalau pekerjaan selama libur nanti kita hentikan yang mengganggu sehingga dampaknya semakin kecil dari pekerjaan," ujar Herry. 

Liburan Akhir Tahun, Acara Menarik di Pusat Belanja Indonesia

Dia menambahkan, Kementerian Perhubungan pun melakukan sejumlah langkah agar jalan tol bisa menjadi lebih lancar. Salah satunya adalah membatasi kendaraan-kendaraan berat, seperti truk angkutan barang di jalan tol.

"Jadi bisa lebih lancar. Dan ini di lapangan nanti dikoordinasikan oleh Kepolisian," kata dia.

Herry mengungkapkan contraflow bakal diberlakukan di titik-titik yang padat, seperti di rest area jalan tol. "Terutama di titik-titik yang rest areanya memanjang. Biasanya rest area menyebabkan antrean lalu diteruskan. Tergantung kepadatan di lapangan," lanjut Herry. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya