Ngeri, Belasan Penumpang Kecopetan di Pesawat Terbang

Suasana di kabin pesawat (ilustrasi)
Sumber :
  • REUTERS/Edgar Su

VIVA – Bila Anda sering berbisnis dengan menggunakan pesawat ke sejumlah tujuan tentu harus perhatikan hal berikut ini. Sebab, Kedutaan Besar China di Republik Ceko memperingatkan warganya untuk hati-hati terhadap copet di pesawat.

Bandara Ngurah Rai Siapkan 62 Lokasi Parkir Pesawat Delegasi World Water Forum Ke-10

Dikutip dari Business Insider, Rabu 10 Januari 2018, insiden tak mengenakan terjadi pada para penumpang asal Beijing. Sebanyak 12 orang penumpang kehilangan uang saat berada dalam penerbangan dari Beijing menuju Praha, ibu kota Ceko

Para penumpang yang kebanyakan adalah warga China tersebut kehilangan sejumlah uang yang telah mereka masukkan di kantong tempat duduk maupun bagasi di atas tempat duduk pada penerbangan Hainan Airline pada 29 Desember 2017.

Mengerikan, Justin Hubner Nyaris Alami Kecelakaan Pesawat di Jepang

Kejadian tersebut terungkap setelah salah satu penumpang sadar bahwa uangnya telah hilang setengah jam sebelum pesawat mereka mendarat, sehingga membuat penumpang lainnya memeriksa barang-barang mereka.

Dalam laporan tersebut, para penumpang itu kehilangan uang tunai dalam nilai yang berbeda. Rata-rata uang mereka yang dicuri dari US$240 atau setara Rp3,2 juta hingga US$5.000 atau setara Rp67,5 juta (kurs Rp13.500 per dolar).

Viral Petugas Jatuh dari Pintu Pesawat, TransNusa Sebut Ada Miskomunikasi

Atas kejadian tersebut, para penumpang langsung melakukan pencarian, dan uang yang sempat dicuri kemudian ditemukan tercecer di sejumlah tempat. Diduga tercecernya uang itu untuk menghilangkan barang bukti dari pencopet.

Ditangkap Polisi

Saat mendarat di Praha, kepolisian kemudian menangkap seorang pria berusia 40 tahun yang dicurigai sebagai pelaku pencopetan di dalam pesawat tersebut. Namun, penangkapan itu dinilai belum cukup karena diyakini pelaku tidak bertindak sendiri di pesawat.

Perlu diketahui, menurut sebuah laporan di situs resmi China perantauan, Chinaqw.com, pencurian yang menargetkan penumpang China di penerbangan telah menjadi masalah dalam beberapa tahun terakhir.

Geng-geng tersebut cenderung bekerja dalam kelompok yang terdiri dari dua atau tiga orang yang menyimpan tas tangan mereka jauh dari tempat mereka duduk sehingga mereka dapat dengan mudah bergerak di sekitar pesawat untuk mencari sasaran. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya