Bikin Pintar SDM RI, Beasiswa LPDP Jadi Program Tetap

Menteri Keuangan, Sri Mulyani
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati akan menjadikan program beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan, atau LPDP)menjadi program tetap. Selama ini, program itu bersifat sementara.

Langkah PBNU Persiapkan Santri Sukses Masuk PTN Favorit

"Saya tahu, LPDP sifatnya adalah temporary. Ke depan, saya ingin dibuat platform yang sifatnya fix," kata Sri di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, Kamis 11 Januari 2018.

Menurut Sri, di awal pembentukan alokasi anggaran untuk LPDP masih ad hoc, atau random. Bahkan, karena dianggap sebagai dana tak terpakai, anggaran LPDP pernah dimintai untuk rehabilitasi sekolah.

Bank Indonesia Salurkan Beasiswa untuk 305 Penerima Program GenBi 2024

"Sempat ada uang nganggur diminta rehabilitasi sekolah rusak. Saya bilang untuk apa? Dana untuk sekolah itu sudah ada, triliunan. Jadi, anggaran LPDP itu tidak jadi digunakan," ujarnya.

Dengan adanya anggaran yang tetap untuk LPDP, Sri berharap, bisa meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia di Indonesia.

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI yang Berhasil Raih Prestasi Membanggakan

"Saya menginginkan, ada orang Indonesia tidak terkendala masuk ke universitas terbaik di dunia. Maka kita memberikan scholarship. Karena, waktu itu tidak mampu secara uang. Kalau masalah uang dihilangkan, ternyata banyak masyarakat Indonesia yang bisa masuk," kata dia.

Suasana Shibuya Scramble Crossing, Tokyo, Jepang, di malam hari.

Program Beasiswa Kuliah S1 di Jepang, Bebas Biaya dan Dapat Uang Saku Rp12 Juta Perbulan

Kedutaan Besar Jepang membuka tawaran beasiswa kepada siswa-siswi Indonesia lulusan SMA/SMK dan sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas di Jepang.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024