BI Sebut Bitcoin Biasa Dipakai untuk Kejahatan

Bitcoin.
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic

VIVA – Bank Indonesia telah melarang virtual currency termasuk Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah di Indonesia. Jika tetap ada penyelenggara sistem pembayaran yang menggunakan Bitcoin, BI akan memberikan sanksi. 

Nilai Aset Bitcoin Sentuh Rp 1 Miliar, Investor Diminta Lakukan Riset dengan Teliti

"Kita kenakan sanksi keras,  kita akan akan panggil," kata Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI, Enny V Panggabean di Gedung BI, Jakarta, Senin 15 Januari 2018. 

Menurut Enny, selama ini transaksi Bitcoin di Indonesia digunakan lebih banyak untuk kejahatan. Sebab identitas pengguna, dan riwayat transaksinya sulit dilacak. 

Terpopuler: Ruko di Medan Tambang Bitcoin, Banggar Ultimatum APBN Bengkak untuk IKN

"Kalau di Indonesia memang dilarang.  Bahwa data-data yang ada penggunaan Bitcoin itu lebih kepada kejahatan. Datanya sulit dilacak. Untuk kejahatan nyaman sekali," ujarnya. 

Untuk pengawasan, kata Enny, BI akan meningkatkan koordinasi dengan pihak terkait seperti Kementerian Keuangan, Kementerian Perdagangan dan OJK. 

Ruko di Medan Jadi Lokasi Tambang Bitcoin, Curi Listrik hingga Rp 14,4 Miliar

Adapun dasar pelarangan virtual currency termasuk Bitcoin yaitu Undang-undang No. 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang. Dalam UU tersebut dinyatakan bahwa mata uang adalah uang yang dikeluarkan oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Cryptocurrency.

6 Tips Dasar Bermain Cryptocurrency

Dunia cryptocurrency semakin populer dalam beberapa tahun terakhir, menawarkan peluang menarik bagi investor untuk mendapatkan keuntungan. Namun, seperti halnya investasi

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024