Yuk Intip Harga Rumah DP Nol Rupiah untuk Warga Jakarta

Ilustrasi rusun di Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan rumah DP nol rupiah di Klapa Village, Jalan Haji Naman, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Kamis 18 Januari 2018. Proyek berkonsep bangunan vertikal atau rumah susun sederhana milik (Rusunami).

Anies Ubah 22 Nama Jalan di DKI Jadi Nama Tokoh Betawi, Ini Daftarnya

Anies mengatakan, groundbreaking pembangunan rumah DP nol rupiah merupakan yang pertama kali setelah diri menjadi orang nomor satu di DKI Jakarta. Program ini merupakan janji kampanye Anies untuk mewujudkan rumah dengan harga terjangkau bagi warga DKI.

"Kita mewujudkan janji itu dengan melakukan groundbreaking hari ini yang dibangun adalah sebuah rumah susun ya, statusnya adalah akan menjadi status milik warga," kata Anies di Klapa Village, Jalan Haji Naman, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Kamis 18 Januari 2018.

Jelang Akhir Periode Anies-Riza, Program DP 0 Rupiah Direvisi

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang di-reshuffle Jokowi ini mengatakan, total unit rusunami yang dibangun adalah 703 unit dalam dua tower. Jumlah ini terdiri dari 513 unit tipe 36 dan 190 unit tipe 21.

"Harga per unitnya untuk yang tipe 36 adalah Rp320 juta, untuk tipe 21 harganya Rp185 juta," ujarnya.

Bantah soal Kasus DP 0 Rupiah, Ketua DPRD DKI: Sedap-sedap Nggak Enak

Anies mengatakan, pembangunan program rumah DP nol rupiah ini bukan menjadi yang terakhir, tapi akan ada pembangunan-pembangunan rumah DP nol rupiah untuk berikutnya.

"Yang kita lakukan hari ini bukan yang terakhir, tapi yang pertama. Setelah itu di tempat lain. Ada banyak yang masuk sebagai usulan dijadikan sebagai program DP nol rupiah. Kami menyambut baik tawaran tersebut," ujarnya.

Ia menambahkan, terlaksananya program ini menunjukkan bahwa program bisa dilaksanakan dengan baik dan banyaknya pihak yang menawarkan menunjukkan mereka bahwa itu adalah sesuatu yang visible.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya