Amankan Harga Karet, Negara Manfaatkan untuk Infrastruktur

Harga Getah Karet Turun
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra

VIVA – Pemerintah berupaya terus mendorong penyerapan produksi karet alam nasional di tengah harga yang anjlok. Selain dapat dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur, penyerapan karet dapat membantu petani karet itu sendiri.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Kepala Balitbang Kementerian PUPR, Danis Hidayat Sumadilaga mengungkapkan, karet alam dalam negeri di antaranya bakal digunakan untuk bahan pembuatan aspal hingga mendukung infrastruktur pembangunan irigasi.

"Karet harganya lagi turun, jadi Menko Perekonomian memberikan rekomendasi produk apa yang bisa didukung dan memanfaatkan karet alam tersebut. Dari PU (Pekerjaan Umum) diminta pemikirannya," kata Danis usai rapat di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin 22 Januari 2018.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Selama dua tahun belakangan ini, kata dia, pemerintah sudah membicarakan dan melakukan uji coba pemanfaatan karet untuk proyek infrastruktur yaitu aspal jalan. Peningkatan penyerapan karet akan terus dilakukan hingga pembangunan proyek irigasi.

"Kemudian juga dilakukan identifikasi dan jadi barang untuk pintu-pintu irigasi saluran tersier, ada besinya, ada plat yang biasanya dari baja, itu kita ubah jadi lembaran karet. Itu ternyata dilihat harganya lebih murah dan pemeliharaan lebih mudah dan aman karena bukan besi," ujarnya.

Jokowi: Jalan Inpres Gorontalo Penting untuk Tingkatkan Konektivitas Daerah

Sementara itu, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Udara Mohamad Alwi mengatakan, pemanfaatan karet dalam negeri juga dioptimalkan untuk prasarana moda transportasi, baik laut, darat, kereta api hingga udara.

"Bentuknya seperti contoh di dermaga buat fender untuk sandar kapal, jadi tidak kena beton dan ombak. Untuk kendaraan juga karet semua, kereta buat peredam dan sebagainya. Jadi memanfaatkan hasil karet kita," ujarnya. (mus)

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo, dalam Kick-Off & Seminar BI Hackaton 2024, Senin, 29 April 2024.

Gubernur BI Ungkap Tujuan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025-2030

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo memastikan saat ini pihaknya tengah berupaya menyempurnakan dan memperluas digitasi sistem pembayaran BSPI 2025-2030.

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024