IMF Naikkan Proyeksi Ekonomi Global, China-AS Jadi Sorotan

Managing Director IMF Christine Lagarde (kanan) dan Menkeu Sri Mulyani (kiri).
Sumber :
  • REUTERS / Mike Theiler

VIVA – Dana Moneter Internasional (IMF) menaikkan proyeksi pertumbuhan ekonomi global pada 2018 dan 2019, dari 3,7 persen menjadi 3,9 persen untuk keduanya. Ekonomi dua raksasa ekonomi dunia yaitu Amerika Serikat dan China jadi sorotan, karena memiliki kontribusi paling besar terhadap ekonomi global. 

BI Sebut Perlambatan Ekonomi 2024 Dipengaruhi Negara-negara Eropa dan China

Dilansir dari Reuters, Rabu 24 Januari 2018, pertumbuhan ekonomi AS diperkirakan meningkat menjadi 2,7 persen tahun ini, naik dari proyeksi sebelumnya pada Oktober 2017 sebesar 2,3 persen. Tapi, pada 2019, ekonomi AS diperkirakan kembali melambat menjadi 2,5 persen. 

IMF mempertahankan ramalannya untuk pertumbuhan di pasar negara berkembang untuk tahun ini dan tahun depan. Perekonomian China diperkirakan melebar 6,6 persen tahun ini dan melambat menjadi 6,4 persen pada 2019.

Sri Mulyani Ungkap Ekonomi Global 2024 Masih Diproyeksi Lemah oleh IMF dan World Bank

Sementara itu, IMF juga merevisi perkiraan pertumbuhan untuk kawasan Euro, terutama untuk Jerman, Italia, dan Belanda. "Yang dicerminkan dari momentum kuat permintaan domestik dan permintaan eksternal yang lebih tinggi," ujar Managing Director IMF, Christine Lagarde.

Namun, IMF mengurangi perkiraan pertumbuhan Spanyol untuk 2018 sebesar 0,1 persen, dengan mengatakan bahwa ketidakpastian politik terkait dengan dorongan independen kawasan Catalonia diperkirakan berdampak pada kepercayaan dan permintaan bisnis.

Semakin Dekat Jadi Anggota, OECD Buka Diskusi Aksesi dengan RI

Selain itu, pertumbuhan ekonomi Jepang direvisi naik menjadi 1,2 persen tahun ini dan 0,9 persen pada 2019. IMF mempertahankan proyeksi pertumbuhan Inggris di 1,5 persen tahun ini.

Ilustrasi grafik perekonomian (Source: https://www.istockphoto.com/id)

7 Negara Ekonomi Terbesar di Dunia Tahun 2050, Peringkat Indonesia Gak Main-main!

Menurut laporan proyeksi pertumbuhan global jangka panjang hingga tahun 2050 yang dirilis Pricewaterhousecoopers (PwC), Indonesia diprediksi akan jadi ekonomi besar.

img_title
VIVA.co.id
13 Maret 2024