Rahasia Keuangan Warren Buffet Hingga Bill Gates

Bill Gates Bagikan 100.000 anak ayam
Sumber :
  • REUTERS/Mike Segar

VIVA – Semapan apakah Anda saat ini? Jika disandingkan dengan orang terkaya di dunia, seperti Warren Buffet, Elon Musk, dan Bill Gates, mungkin kekayaan yang Anda miliki tidaklah seberapa. 

Beli Produk Asuransi Secara Virtual, Perhatikan Tahapan Ini

Padahal untuk meraih predikat “orang kaya” tersebut menghabiskan tenaga dan pengorbanan yang luar biasa. Lalu, bagaimana dengan nasibmu yang tergolong “orang biasa”? Tidak perlu khawatir. 

Dengan kerja keras dan kesungguhan, Anda juga akan bernasib sama. Hanya saja prosesnya memakan waktu yang cukup lama. Apabila ingin sukses dan mendapat predikat 'orang terkaya', intip rahasia keuangan yang dihimpun dari Cermati.com yang diterapkan orang sukses dalam hidupnya.

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

1. Menggali informasi lebih banyak

Informasi dibutuhkan dalam setiap aspek kehidupan, tanpa terkecuali. Banyak orang sukses menghabiskan waktu berjam-jam untuk menggali informasi. Mereka beranggapan kalau informasi menjadi aspek yang penting, terutama untuk informasi yang ada kaitannya dengan keuangan.

Delapan Pekerjaan yang Bakal Digantikan Robot di Masa Depan

Selain rutin menggali informasi, orang sukses juga mampu menguasai informasi tersebut dengan baik. Bahkan informasi yang mereka dapatkan dipraktikkan langsung dalam kehidupan. Agar informasi yang didapatkan semakin banyak, galilah infomasi sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber yang ada. Lalu, tarik kesimpulan dari informasi tersebut.

2. Gigih mencari sumber penghasilan

Orang sukses bukanlah tipe orang yang malas. Untuk mencapai kemapanan hidup, mereka bekerja sangat keras. Waktu yang mereka miliki dimanfaatkan betul untuk hal-hal berguna, terutama untuk mencari penghasilan. 

Berdasarkan penelitian, orang sukses memiliki banyak sumber penghasilan. Selain memperoleh penghasilan dari pekerjaan tetap, mereka juga memiliki penghasilan dari bisnis. Parahnya, mereka tidak hanya berkecimpung pada satu bidang bisnis saja, melainkan dua atau tiga.

Penghasilan yang diperoleh biasanya akan didiversifikasi pada bidang yang lain. Sehingga penghasilan yang diperoleh mencapai empat kali lipat dari penghasilan orang kaya lain pada umumnya.

3. Tidak mengabaikan uang koin

Meskipun sudah menjadi orang terkaya, mereka tetap menghargai nilai mata uang. Bahkan uang koin pun dianggap sangat penting. Saking pentingnya, orang sukses bahkan menyimpan uang koin tersebut untuk transaksi berikutnya. 

Hal ini berbanding terbalik dengan kita selaku orang biasa. Kita sering menganggap uang koin tidak berharga. Sehingga banyak uang koin yang ditemukan di jalan raya.

Kalau dirimu ingin kaya, miliki prinsip seperti orang sukses. Hargai uang koin tersebut dengan menyimpannya di satu wadah. Jika uang koin sudah banyak, langsung saja tukarkan ke bank. Daripada dibuang, lebih baik disimpan untuk ditukarkan ke pecahan uang yang lebih besar.  

4. Cepat tepat

Prinsip “perlahan-lahan tapi pasti” sudah mulai ditinggalkan. Bahkan orang sukses tidak lagi memakai prinsip ini dan menggantinya dengan prinsip “cepat tepat”. 

Prinsip ini tidak hanya diberlakukan saat mencari uang, namun juga saat bekerja. Karena dari bekerja, mereka mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah yang besar.

Cepat tepat berarti menyelesaikan pekerjaan secara cepat, tapi hasilnya juga maksimal. Agar ini bisa terwujud, Anda harus mengobservasi pekerjaan tersebut lebih dulu. Setelah itu, cari metode kerja yang tepat, lalu kerjakan. Mudah, kan? 

5. Ikut serta meramaikan investasi

Orang kaya di dunia tidak pernah menidurkan uang yang dimilikinya. Hampir 85 persen dari total kekayaan yang dimiliki dialokasikan ke instrumen investasi. Mereka percaya, jumlah kekayaan yang dimiliki akan bertambah lewat investasi. Sehingga mereka tidak enggan berinvestasi gila-gilaan.

Akan tetapi, aset yang diinvestasikan tidak didiamkan begitu saja. Melainkan dipantau agar tahu pergerakannya. Apabila satu instrumen investasi gagal, mereka akan menarik uangnya, lalu berinvestasi di instrumen yang lainnya. Jadi, orang kaya di dunia sangat sulit bangkrut karena kelihaiannya mengelola aset yang diinvestasikan.

6. Terus belajar

Orang kaya di dunia sekalipun pernah mengalami kegagalan dalam hidupnya. Namun mereka tidak menjadikan kegagalan tersebut sebagai alasan untuk mundur. Melainkan menjadi alasan untuk bangkit kembali dan semakin bersemangat. 

Orang sukses menjadikan kegagalan sebagai pelajaran berharga dalam hidupnya. Sehingga mereka tidak jatuh di lubang yang sama untuk kedua kalinya.

Jadilah orang sukses

Itulah rahasia mengapa orang sukses semakin sukses di dalam hidupnya. Tanamkan kata “sukses” dan hiduplah seperti orang sukses agar dirimu mampu mewujudkan kemapanan hidup. Sudah siapkan dirimu untuk sukses?
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya