Enam Fakta yang Bikin Sukses di Bulan Pertama Kerja

Ilustrasi bekerja di kantor.
Sumber :
  • inmagine

VIVA – Bulan pertama di sebuah pekerjaan baru bisa menghasilkan banyak pengalaman yang mungkin sulit dilupakan. Ada pengalaman baik dan ada pengalaman yang buruk.

WFH, 10 Tips Produktif Kerja dari Rumah Selama Wabah Corona

Sebab, begitu Anda memutuskan untuk menerima tawaran bekerja di suatu perusahaan, dan bertahan pada hari pertama hingga minggu pertama, Anda mungkin mengira bahwa pekerjaan tersebut sudah jelas.

Padahal, dibalik itu banyak orang di sekitar Anda masih memperhatikan dengan jelas pekerjaan Anda, yang berarti sebenarnya Anda masih punya kesempatan untuk mengesankan atau pun mengecewakan.

Tips Agar Tak Malas Kerja dari Rumah

Adapun enam hal ini berhasil dilakukan orang dalam 30 hari pertama mereka di sebuah pekerjaan baru, seperti dikutip dari Business Insider, pada Selasa 30 Januari 2018:

1. Memperkenalkan diri kepada semua orang

Wanita Karir Usia 20-an, Jangan Lakukan Kesalahan Ini

Pada hari pertama, perkenalkan diri Anda kepada semua orang di tim Anda, bersama dengan rekan kerja lainnya. Sebab, dengan kenal antar sesama tim dapat mempermudah dan memengaruhi hasil kerja Anda.

2. Mereka hanya berbicara secara positif

Tidak ada yang menyukai perkataan yang negatif. Bagaimana Anda bertindak dalam 30 hari pertama Anda akan membentuk kesan pertama tim Anda tentang siapa diri Anda.

Sebab, semua orang tahun kesan pertama itu sangat penting, termasuk senyum Anda saat bertemu seseorang, bagaimana cara salaman dan goyangkan tangan Anda. Itu semua dapat menandakan sifat Anda pada semua orang.

3. Mereka mendapatkan kejelasan tentang apa yang ingin dikerjakan

Sangat penting untuk memohon bertanya kepada manajer Anda untuk mengetahui sejumlah hal prioritas yang harus dikerjakan oleh Anda lebih dahulu.

Adapun rekomendasi pertanyaannya yang diajukan bisa sebagai berikut:

- Tim apa yang bekerja sekarang?
- Apa hambatan terbesar?
- Apa yang dapat saya lakukan untuk membantu hari ini?

4. Mereka mengajukan pertanyaan cerdas

"Umumnya, Anda mencoba menunjukkan rasa ingin tahu dan keinginan Anda untuk belajar. Waspadalah dengan mengajukan terlalu banyak pertanyaan pada hari pertama. Sebab, Anda punya banyak waktu untuk menguasai pekerjaan

5. Mereka mencari cara untuk membuat hidup manajer lebih mudah

Jika Anda tidak tahu bagaimana melakukan ini, tanyakan. Dan Dave Kerpen, pendiri dan CEO perusahaan perangkat lunak Likable Local, sebelumnya mengatakan kepada Business Insider.

"Ini tentang membantu manajer Anda terlihat hebat terhadap manajernya. Dan akhirnya dengan melakukan itu Anda akan memposisikan diri Anda lebih baik untuk sukses."

6. Mereka memprioritaskan tidur untuk hasil maksimal

Orang sukses mengerti bahwa bekerja saat masih setengah tidur tidak hanya menyerobot performa, tapi juga secara tidak sengaja menunjukkan kurangnya minat.

Belum lagi kekurangan tidur memengaruhi segala hal mulai dari ingatan hingga tekanan darah.

"Delapan jam tidur membuat perbedaan besar bagi saya, dan saya berusaha keras untuk menjadikannya prioritas," CEO Amazon, Jeff Bezos mengatakan kepada Thrive Global.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya