Merek-merek Paling Berharga 2018

Minimarket Amazon Go
Sumber :
  • REUTERS/Lindsey Wasson

VIVA – Amazon secara resmi menyalip Google sebagai merek paling mahal di dunia pada tahun ini. Sebuah perusahaan konsultan merek internasional, Brand Finance merilis peringkat tersebut. 

Gara-gara Logo, Apple Gugat Perusahaan Buah

Dilansir dari Business Insider, Selasa 6 Februari 2018, dari 500 peringkat rating menunjukkan betapa perusahaan digital dan teknologi terus berkembang dan menguasai dunia saat ini. 

Apalagi, mayoritas dari 10 perusahaan yang memiliki merek paling mahal berasal dari sektor teknologi. Berikut ini, adalah 10 perusahaan tersebut:

Amazon Bakal PHK 18.000 Karyawan

10. ICBC

Bank ICBC milik pemerintah China

Gegara Namanya Sama, Brand Dior Tuntut Bintang Porno Gigi Dior

Sejak 2008, perusahaan-perusahaan China, mengeluarkan merek-merek yang terus mendunia. Salah satu yang terkenal adalah Industrial and Commercial Bank of China (ICBC). 

Bank tersebut terkenal dan semakin mahal, karena ekspansi bisnisnya di dunia. Hingga kini, nilai merek bank tersebut mencapai US$ 59,2 miliar, dan posisinya belum tergeser sejak tahun lalu. 

9. Walmart

Penembakan di depan supermarket Walmart, Las Vegas, AS

Meskipun masih masuk 10 besar tahun ini, peringkat Walmart turun tahun ini dari posisi delapan ke sembilan. Penurunan beberapa gerai yang dimilikinya di beberapa daerah, membuat merek perusahaan itu nilainya turun menjadi US$61,5 miliar pada tahun ini. 

8. Verizon

Verizon

Nilai merek Verizon pada tahun ini adalah sebesar US$62,8 miliar. Kinerja perusahaan itu terus mengalami penurunan, karena kehilangan konsumennya yang berpindah ke produk perusahaan lain.

7. Miirosoft

Kantor Microsoft di Los Angeles, California, AS

Kinerja perusahaan ini langsung ngebut pada awal 2018, dengan jasa Claud-nya. Tetapi, tetap saja tidak sebanding dengan kompetitornya seperti Apple dan Google. Kini, Microsoft bernilai US$81,2 miliar.

6. AT&T

AT&T Profit

Nilai merek dari perusahaan ini mencapai US$82,4 miliar. Peringkat AT&T turun dari empat menjadi enam, karena tumbuhnya perusahaan- perusahaan sejenismya. 

5. Facebook

Sosial media Facebook

Secara signifikan, peringkat Facebook naik signifikan pada tahun ini dari sembilan menjadi peringkat empat. Perusahaan ini terus meningkat kinerjanya dan mengambil keuntungan dari dominasinya di konten digital. Nilai merek tersebut saat ini sudah mencapai US$89,7 miliar.

4. Samsung

Antrean Konsumen pada Penjualan Perdana Samsung Galaxy A8 dan A8+

Samsung tahun lalu ada di peringkat enam dan tahun ini merangkak naik ke posisi empat. Bahkan, didaulat sebagai salah satu perusahaan teknologi terkuat di dunia dengan nilai merek sebesar US$92,3 miliar.

3. Goggle

Google doodle bunga Rafflesia arnoldii

Memiliki nilai merek mencapai US$120,9 miliar tahun ini, posisi Google turun dari peringkat atas menjadi posisi tiga. Bisnis Google menurut laporan tersebut, hanya fokus menjadi mesin pencari, tidak mencoba untuk merambah ke sektor lain. 

2. Apple

Telepon - smartphone - mobile phone - hp - gadget - internet - generasi milenial - apple - iphone

Raksasa teknologi AS ini bertahan di posisi dua dengan nilai merek sebesar US$146,3 miliar. Produk iPhone yang di pasarkannya masih mendominasi bisnis perusahaan. Hal tersebut lah yang membuat perusahaan ini masih memiliki kinerja baik. 

1. Amazon

Amazon

Amazon tahun ini sukses menyalip Google untuk menempati peringkat teratas merek paling mahal dan berharga di dunia. Dengan nilai merek sebesar US$150,8 miliar, Amazon diakui sebagai raksasa online terbesar di dunia dari sisi kapitalisasi pasar dan pendapatan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya