Luhut Pastikan Proyek Kereta Cepat Tak Selesai 2019

Kereta cepat (Foto ilustrasi).
Sumber :
  • VIVA.co.id/Maryadi

VIVA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memastikan penyelesaian pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung, akan melebihi atau molor dari target awal pada 2019.

Ini Alasan Indonesia Pilih China dalam Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

"Kalau itu sudah hampir pasti (melebihi target penyelesaian). Mungkin akhir 2019, atau awal 2020. Ndak apa-apa, yang penting jalan," kata Luhut di kantornya, Kamis 8 Februari 2018.

Luhut mencontohkan, proyek tersebut bisa mencontoh proyek light rail transit (LRT) yang pembangunannya saat ini sudah hampir rampung. Meski pada awalnya, memang menghadapi berbagai kendala dan hambatan.

Mengenal 'Tukang Las Asing' Kereta Cepat yang Sempat Bikin Heboh

"Yang penting, bagi kita seperti LRT kan. Jadi, LRT itu kita enggak mau berhenti. Jadi, lebih bagus dari awal kita lihat dulu modelnya dengan bagus. Seperti LRT kan, sekarang sudah langkah tegap enggak ada masalah," katanya.

Sementara itu, Luhut belum bisa memastikan akan ada perubahan nilai investasi dengan mundurnya target tersebut. Kajian investasi diselesaikan lebih lanjut minggu depan. "Ini lagi kita hitung-hitung, nanti minggu depan akhir lah (keputusan finansialnya)," kata dia.

Kereta Cepat Akan Terhubung dengan LRT Jabodebek dan Transjakarta

Di tempat yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pembahasan proyek kereta cepat itu masih dibahas secara komprehensif. Adapun proses pengerjaan konstruksinya disebut masih di bawah angka 10 persen dan konstruksi secara massal ditargetkan dimulai pada Mei 2018, setelah seluruh lahan bebas.

"Di bawah sepuluh lah (progres konstruksi). Tadi kita baru membahas yang inti, antara Halim ke Bandung. Tetapi, ada pemikiran untuk Kertajati tapi belum dibahas," ujarnya. (asp)

Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Peluncuran dan Pembukaan

Proyek KA Cepat Whoosh Bengkak Rp 18 Triliun, Pemerintah Masih Nego Bunga Utang

Kementerian BUMN masih terus melakukan negosiasi terhadap bunga utang pinjaman pihak China atas membengkaknya biaya proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung

img_title
VIVA.co.id
3 Oktober 2023