- VIVA/Andri Mardiansyah
VIVA – Presiden Direktur VIVA Media Group, Anindya Novyan Bakrie, mengungkapkan rahasia sukses membangun bisnis media. Menurut Anin, selain target rating atau peringkat, penting juga membangun kepercayaan, yakni kepercayaan kepada sesama pekerja media maupun pemirsa atau pembaca.
Anindya mencontohkan tvOne yang masih menjadi salah satu stasiun televisi dengan rating tinggi serta mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Maka kepercayaan adalah hal yang utama dalam membangun sebuah media.
"Kepercayaan adalah hal yang paling utama dalam membangun dan menjalankan bisnis media," kata Anindya saat berbicara dalam forum Konvensi Nasional Media Massa pada rangkaian peringatan Hari Pers Nasional di Padang, Sumatera Barat, pada Kamis, 8 Februari 2018.
Dalam perkembangannya, kata Anindya, terjadi deflasi yang cukup besar pada media massa sebagai akibat dua faktor, yakni tekanan globalisasi dan teknologi seiring perubahan platform digital.
Walau demikian, hal itu justru menjadi sebuah tantangan yang kemudian membuat para pemain atau pelaku media menjadi lebih berpikir untuk menciptakan hal-hal baru.
Baca juga: Anindya Bakrie Paparkan Tantangan Media di HPN 2018