Menteri Susi Tegaskan Makan Ikan Banyak Untungnya

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti
Sumber :
  • ANTARA Foto/Andreas Fitri

VIVA – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, mengimbau masyarakat agar lebih meningkatkan mengkonsumsi ikan. Hal ini lantaran jumlah ikan di perairan Indonesia masih sangat banyak.

5 Fakta Mengapa Umat Katolik Makan Ikan di Hari Jumat

Terjaganya habitat ikan di Indonesia saat ini, diklaim Susi, merupakan hasil pembasmian ilegal fishing yang sebelumnya marak di Indonesia.

"Pembasmian ilegal fishing menyebabkan stok ikan naik dari 6,5 juta ton menajdi 12,5 juta ton. Ekspor juga naik. Tapi saya lebih senang kalau banyak pasar ikan modern begini dan angka konsumsi ikan di dalam negeri lebih naik," ujar Susi di Jakarta, Kamis, 8 Februari 2018.

Deretan Manfaat Makan Ikan, Salah Satunya Tingkatkan Imunitas

Dengan mengkonsumsi ikan, bisa membuat anak-anak Indonesia menjadi lebih cerdas. Ikan, kata Susi, memiliki kandungan omega tiga dan protein tinggi yang tidak kalah dengan yang terkandung dalam daging. Selain itu, harga ikan di pasaran juga lebih terjangkau oleh masyarakat dibandingkan harga daging.

"Saya senang kalau orang bisa mengganti konsumsi daging dengan ikan, karena daging itu mahal dan juga impor tinggi sekali. Ikan semahal-mahalnya masih ada yang Rp30 ribu, ada yang Rp15 ribu," kata Susi.

Dibanding Susi, Nelayan Lobster Lebih Dukung Kebijakan Edhy Prabowo

Salah satu cara untuk meningkatkan konsumsi ikan, kata Susi, dengan membuat pasar-pasar modern yang menjual ikan berkualitas baik. Selain itu, pasar modern juga diharapkan bisa membuat pengunjung lebih nyaman dalam berbelanja beragam jenis ikan.

"Ini bisa membantu surplus ikan supaya bisa langsung ke masyarakat," ujar Susi. (ase)

ilustrasi sarden

Geger 12 Orang Keracunan Ikan Sarden, 1 Orang Dilaporkan Tewas

Belum lama ini negara Prancis sedang digegerkan dengan kejadian yang tak biasa, yaitu orang-orang mengalami keracunan setelah memakan ikan sarden. Insiden itu ada korban

img_title
VIVA.co.id
14 September 2023