Chatib Basri dan Bambang Brodjonegoro Calon Gubernur BI

Bambang Brojonegoro (kiri) dan Chatib Basri
Sumber :
  • Kiri: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari - Kanan: VIVA/Chandra Gian Asmara

VIVA – Dua nama, yakni Chatib Basri dan Bambang Brodjonegoro bakal menjadi calon kuat Gubernur Bank Indonesia baru. Nama keduanya, kini sudah dikantong Presiden Joko Widodo.

Chatib Basri Sebut Krisis Energi Terjadi karena Transisi Terburu-buru

Hal itu diakui Ketua Tim Ahli Wakil Presiden, Sofjan Wanandi di Istana Wakil Presiden Jalan Medan Merdeka Selatan.

"Tentu sudah dibicarakan, tetapi Presiden belum memutuskan, beberapa calon sudah disebutkan apakah itu Pak Bambang Brodjonegoro, ada Pak Chatib Basri," jelas Sofjan, Jumat 9 Februari 2018.

5 Tugas Khusus Mahendra Siregar Pimpin Satgas UU Cipta Kerja

Bambang Brodjonegoro kini masih menjabat sebagai Menteri PPN/Kepala Bappenas. Sementara itu, Chatib Basri sempat menjabat sebagai menteri keuangan di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menggantikan Agus Martowardojo.

Selain itu, Sofjan melanjutkan, ada dua nama lagi yang kini masih dipertimbangkan. Yakni, Agus Martowardjojo sendiri yang kini masih menjabat Gubernur BI. Sementara itu, satu lagi adalah Deputi Gubernur BI, Perry Warjiyo.

Jokowi Tunjuk Mahendra Siregar Jadi Ketua Satgas UU Cipta Kerja

"Ini sekarang kan dinilai semua dan sudah disampaikan semua oleh yang bersangkutan, dan sudah dibicarakan juga dengan Presiden dan Wapres. Pak Presiden sudah dikasih tahu kelebihan satu sama lain, tetapi belum diputuskan," kata Sofjan.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga mengaku belum memberikan sejumlah nama calon Gubernur BI ke DPR. Mengingat, pergantiannya masih lama. Yang baru diserahkan, adalah nama-nama untuk calon deputi.

Kemungkinan, nama-nama untuk calon Gubernur BI, baru akan diserahkan pada akhir Februari 2018 ini.

"Tinggal nunggu keputusan Presiden saja. Presiden sudah tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing kandidat," katanya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya