Punya Mesin Ekonomi Baru, China Ciptakan Jutaan Pekerjaan

Bendera China berkibar di bangunan The Great Hall of the People, China
Sumber :
  • REUTERS/Jason Lee

VIVA – Pemerintah China, akan meningkatnya upaya penciptaan lapangan kerja dan mempromosikan kewiraswastaan tahun ini. Langkah tersebut dilakukan dengan fokus mendorong sumber pertumbuhan ekonomi baru, yaitu pemanfaatan teknologi.

Usai Libur Lebaran, Pemohon Kartu Kuning di Tangerang Capai 500 Orang per Hari

Dikutip dari Reuters, Senin 12 Februari 2018, Juru Bicara dari National Development and Reform Commission (NDRC) China, Meng Wei mengatakan, dengan fokus sumber pertumbuhan baru diharapkan dapat kurangi jutaan pengangguran.

Selain itu, dengan upaya itu China sangat membutuhkan penciptaan lapangan kerja untuk 9,7 juta orang pengangguran dan 8,2 juta lulusan perguruan tinggi baru, serta pekerja yang terdampak pengurangan kapasitas industri.

Dutra Parahyangan Komitmen Buka Lapangan Kerja dan Jadi Jasa Transportasi Terbesar

Sebelumnya, tingkat pengangguran perkotaan di China, turun menjadi 3,9 persen tahun lalu dan tetap stabil, meskipun melambatnya pertumbuhan ekonomi. Untuk itu, pemerintah terus maju dengan rencana mengurangi kapasitas industri.

"Kami akan menerapkan strategi ketenagakerjaan dan kebijakan kerja yang lebih proaktif dan dengan penuh semangat mempromosikan lapangan kerja dan kewiraswastaan," jelas Meng

Fraksi Gerindra: Daripada Angket Lebih Penting Hak Sopir Angkot

Ia menambahkan, melindungi pekerjaan sangat penting bagi kebijakan pertumbuhan China yang stabil. Sehingga, dengan andalkan "mesin pertumbuhan baru" seperti teknologi dan jasa akan mendukung penciptaan lapangan kerja.

Meng mengungkapkan, untuk mendukung itu China akan menciptakan lingkungan kebijakan yang mendukung ekonomi digital dan akan mempromosikan sektor industri internet.

"NDRC juga akan memperbaiki kebijakan untuk mendukung pertumbuhan perusahaan swasta, membangun contoh kebijakan sukses dari seluruh negeri," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya