Jokowi Diminta Dorong UKM Naik Kelas

Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

VIVA – Minimnya akses permodalan dan masih sedikitnya jumlah pengusaha di Tanah Air, dinilai menjadi 'pekerjaan rumah' utama bagi Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla di akhir masa jabatannya hingga 2019. 

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

Ketua Bidang Koperasi, UMKM dan Usaha Rintisan BPP Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Yuke Yurike menyatakan, masifnya pembangunan infrastruktur oleh pemerintah harus seiring dengan tumbuhnya wirausaha pemula di sejumlah daerah. Banyaknya wirausaha, diyakini bakal mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia  di masa depan. 

"Kita sangat berharap munculnya wirasuaha- wirasuaha baru di Indonesia yang siap ibaratnya tangguh. Dan, ini harus menjadi PR kita bersama membantu pemerintah untuk menciptakan pengusaha baru yang handal," kata Yuke di Jakarta, Senin 12 Februari 2018. 

Menko Luhut Ingatkan Visi Poros Maritim Dunia Harus Terealisasi

Menurut Yuke, berkembangnya teknologi membuat banyak lini usaha berganti platform menjadi digital. Momentum ini, harus bisa ditangkap oleh pemerintah untuk 'menaikkan kelas' para pengusaha bertarung di level lebih tinggi lagi. 

Ia menyebut, respons positif kalangan pengusaha dari paket kebijakan ekonomi hingga jilid 16 dan penurunan bunga kredit usaha rakyat (KUR) mesti dibarengi dipermudahnya akses permodalan. Sehingga, dapat mendorong banyak pengusaha untuk naik kelas.

Bonus Setara, Ketua NPC Indonesia Apresiasi Presiden dan Menpora

"Jadi, ini pesan kita kepada bapak presiden ternyata yang diperlukan sekarang itu adalah menaikkan kelas kan dari yang (usaha) mikro untuk menjadi menengah dan nantinya menjadi besar," kata dia.

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, dinobatkan sebagai Pemimpin Paling Populer 2021. Penghargaan diberikan oleh PR Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
10 Desember 2021