Keuntungan Bisnis Sampingan Agar Tak Andalkan Gaji Bulanan

Hebatnya bisnis sampingan.
Sumber :
  • http://gratis-bisnisonlinee.blogspot.com/

VIVA – Saat ini banyak karyawan yang memiliki usaha sampingan. Bukan karena ingin menambah penghasilan atau tabungan semata, melainkan berbagai macam alasan yang membuat mereka mengerjakan usaha sampingan. 

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Sebagian besar tentu memakai alasan keuangan kenapa mereka membuka usaha sampingan. Kelebihan dari orang yang memiliki usaha sampingan ialah mendapatkan penghasilan lebih dari pegawai pada umumnya. 

Dengan begitu, biaya kebutuhan bisa ditutupi karena adanya pendapatan lebih yang didapat. Inilah untungnya punya usaha sampingan agar tidak hanya andalkan gaji bulanan seperti dikutip dari Cermati.com, Selasa 13 Februari 2018.

Delapan Pekerjaan yang Bakal Digantikan Robot di Masa Depan

1. Meningkatkan pendapatan

Sebagian besar orang menjadikan hal ini sebagai alasan untuk merintis usaha sampingan. Apalagi jika alasannya karena gaji yang pas-pasan. Selain memenuhi kebutuhan hidup yang beraneka ragam, usaha sampingan juga menambah jumlah tabungan untuk masa depan.

Mau Tambah Penghasilan? Yuk, Geluti Usaha Sampingan Ini

Semakin bertambah kebutuhan hidup, semakin banyak biaya yang mesti dikeluarkan. Misalnya, kebutuhan orang yang sudah berkeluarga pasti lebih besar daripada orang yang belum menikah. Jadi, sangatlah penting untuk memiliki pendapatan tambahan guna meringankan beban hidup.

2. Demi tercapainya target

Salah satu motivasi orang untuk merintis usaha sampingan adalah target. Dalam hidup ini, sudah seharusnya seseorang memiliki target untuk dicapai. Misalnya, kuliah di luar negeri, membeli rumah, mobil atau memberangkatkan orang tua naik haji.

Penghasilan yang pas-pasan tentu sulit untuk mencapai target. Terlebih jika target tersebut memiliki batas waktu tertentu. Karena itu, usaha sampingan pun dipilih untuk mengejar target tersebut. Sebaiknya, buatlah target yang terarah dan jelas.

3. Mengisi waktu luang

Hampir setiap orang memiliki waktu luang dan mengisinya dengan melakukan kegiatan tertentu. Daripada Anda mengisi waktu luang dengan hal-hal yang tidak bermanfaat atau bahkan membiarkannya kosong begitu saja, lebih baik Anda isi dengan melakukan usaha sampingan.

Selain menambah penghasilan, usaha sampingan yang dipilih tersebut bisa meningkatkan soft skills Anda. Misalnya, Anda mengisi waktu luang dengan berjualan baju secara online

Tahukah Anda bahwa hal tersebut bisa membuat Anda menjadi orang yang komunikatif karena berupaya menarik perhatian orang lain untuk membeli dagangan Anda. Dan masih banyak hal-hal baru lainnya yang bisa Anda dapatkan.

4. Sebagai wujud pembuktian diri

Menekuni usaha sampingan tidak selalu karena ingin menambah penghasilan atau mengisi kesibukan. Terkadang ada alasan lain yang lebih penting daripada itu, yaitu ingin menunjukkan kemampuan diri di hadapan pihak tertentu atau keluarga besar. Mungkin saja hal ini termasuk eksistensialis, tapi bisa menjadi api penyemangat bagi Anda untuk merintis usaha sampingan.

5. Menambah pundi-pundi pensiun

Ini juga menjadi alasan yang banyak diutarakan orang, yaitu mempersiapkan bekal pensiun. Seorang pegawai negeri atau karyawan perusahaan yang tiga tahun lagi pensiun kini tengah menyiapkan diri untuk memulai usaha sampingan dengan target usaha tersebut harus sudah berjalan pada tahun depan.

Meskipun sudah tua nanti saat pensiun, sebagian orang ingin tetap bekerja walaupun dalam tingkat yang ringan. Nah, usaha sampingan bisa menjadi salah satu solusinya. Pilihlah jenis usaha sampingan yang memang sesuai dengan diri Anda sehingga Anda bisa menjalaninya dengan senang hati.

6. Jadi warisan

Tidak sedikit penggiat usaha sampingan yang berencana mempersiapkan usaha warisan untuk anaknya kelak bila sudah tua. Alasan tersebut memang selangkah lebih maju dan mulia, juga bisa menjadi motivasi untuk memulai usaha sampingan hingga tidak hanya bertahan, tetapi juga berkembang pesat.

Siapa tahu usaha sampingan skala kecil yang Anda rintis saat ini, kelak bisa berkembang pesat, bahkan menjadi bisnis keluarga. Dengan begitu, bukan Anda atau keturunan Anda yang mencari pekerjaan, melainkan Andalah yang membuka lowongan pekerjaan untuk orang-orang di luar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya