Menperin Minta Pengusaha Inggris Genjot Hubungan Dagang

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto
Sumber :
  • VIVA/Ikhwan Yanuar

VIVA – Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mendorong peningkatan kerja sama perdagangan antara Indonesia dengan Inggris. Pengusaha Inggris pun diminta berperan aktif mewujudkan hal ini

Minister Brings Significant Issue as Indonesian Representative in OECD

Hal itu diungkapkan Airlangga saat menghadiri acara breakfast meeting dengan British Chamber of Commerce atau Kamar Dagang dan Industri Inggris di Hotel Mandarin Oriental, Jakarta, pagi ini Selasa 13 Februari 2018.

"Tidak ada alasan kerja sama perdagangan Indonesia dan Inggris itu tidak bisa didorong," kata Airlangga.

Wakili Indonesia di OECD, Menko Airlangga Bahas Tiga Isu Penting Ini

Dia mengatakan, Indonesia menargetkan ekspor produk industri maupun komoditas tertentu agar lebih ditingkatkan ke depannya. Selain itu, Inggris juga dipersilakan melakukan ekspor ke RI untuk barang-barang yang dibutuhkan Indonesia.

"Karena yang ditargetkan (Indonesia) untuk ekspor itu (adalah barang) tidak diproduksi di Inggris, dan apa yang Inggris mau masukkan ke Indonesia juga compatible," ujar dia.

Airlangga: Negara Anggota OECD Akui Leadership RI di ASEAN dan G20

Airlangga mengatakan, pihaknya juga menerima masukan dari Kadin Inggirs terkait dengan mata rantai industri, kemudian terkait dengan fasilitas yang didorong untuk vokasi maupun Research and Development (RnD). Kemudian, sambung dia, juga ada diskusi terkait dengan industri dan energi.

"Jadi itu salah satu tantangan yang ada. Bagaimana kebutuhan atau pertumbuhan di sektor industri ini bisa compatible dengan pertumbuhan di sektor energi dan juga salah satu yang diapresiasi itu adalah nilai tambah dari mineral," ungkapnya. (ren)

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kanan)

Ekonomi RI Kuartal I-2024 Tumbuh 5,11 Persen, Airlangga: Tertinggi Sejak 2015

Airlangga Hartarto menyebut pertumbuhan ekonomi RI pada kuartal I-2024 sebesar 5,11 persen ini menjadi yang tertinggi sejak tahun 2015.

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024