Akhirnya Beras Impor Tiba, tapi Ketahan di Selat Sunda

Pemerintah Indonesia Bakal Impor Beras
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Beras impor asal Vietnam sebanyak enam ribu ton yang diangkut oleh kapal bernama lambung MV. VINH HUNG, telah berada di perairan Selat Sunda, sejak Minggu lalu, 11 Februari 2018.

Daftar Harga Pangan 22 April 2024: Cabai hingga Telur Ayam Naik

Namun, kapal itu belum bisa bongkar muat, lantaran dokumentasi ekspor-impornya belum sampai ke tangan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) Merak.

"kapal nya memang sudah sampai, hanya ada satu ya kapalnya dari Vietnam. Belum bisa kami izinkan lakukan pembongkaran, selama dokumen pemberitahuan impor dan persetujuan pengeluaran barang belum kita terima," kata Restu Nugroho, kepala KPBBC TMP Merak, Kota Cilegon, Selasa 13 Februari 2018.

Korupsi Beras Bansos di Lombok, Uangnya Diduga untuk ‘THR’

Kapal yang di pesan oleh agen PT Buana Indah itu rencananya akan melakukan bongkar muat di Pelabuhan Indah Kiat, Kota Cilegon, Banten, untuk seterusnya disimpan ke gudang Bulog.

Impor beras di tengah musim panen mendapat kritik tajam dari mantan Menteri Koordinator Perekonomian dan Kemaritiman, Rizal Ramli.

Beras untuk Warga Miskin di Lombok Dikorupsi

Dia meminta pemerintah mengkaji ulang kebijakan impor beras itu, karena bisa mematikan perekonomian petani Indonesia.

"Yang penting, jangan impor saat musim hujan. Karena kalau hujan, produksi turun satu persen. Kalau musim panas, elnino, itu baru impor. Coba tuh pejabat nyawah tuh. Jangan-jangan kena panas, udah lemah, kehujanan, mabuk, bisa encok dah tuh pejabat," kata Rizal. (asp)

Aktivitas bongkar muat beras impor di atas kapal

RI Sudah Impor 567,22 Ribu Ton Beras Maret 2024, Naik 921,51 Persen

Badan Pusat Statistik mencatat, RI pada Maret 2024 sudah melakukan impor beras sebanyak 567,22 ribu ton, atau saat momen Ramadhan.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024