Begini Cara Mudah agar Anak Paham Manfaat Investasi

Ilustrasi investasi
Sumber :
  • www.pixabay.com/nattanan23

VIVA – Pelajaran soal keuangan perlu diberikan kepada anak. Hal itu bisa dimulai ketika anak masih berusia dini. Semakin anak bisa mengatur keuangan lebih cepat, semakin ia bisa mandiri secara finansial. Salah satu pelajaran yang bisa Anda berikan adalah investasi.

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Sebagian orangtua menganggap anaknya masih kecil untuk tahu tentang investasi. Anda salah jika berpikir seperti itu. Justru Anda harus mengajarkan investasi kepada anak sejak dini.

Memang bukan hal yang mudah. Namun, jika Anda berhasil, manfaatnya akan terasa bagi anak dan juga Anda. Berikut ini adalah cara buat anak paham investasi, seperti dikutip dari Cermati.com, Kamis 15 Februari 2018:

Delapan Pekerjaan yang Bakal Digantikan Robot di Masa Depan

1. Bicarakan dengan bahasa yang gampang dimengerti

Topik investasi memang suatu topik yang cukup berat. Karena itu, bicarakan topik ini dengan bahasa yang anak Anda mengeri. Buatlah mereka tertarik. Jangan dulu jelaskan risiko dan keuntungan dari tiap instrumen investasi.

Tak Banyak yang Tahu, Ini Saat Tepat untuk Punya Asuransi Jiwa

Anda bisa memulai dengan menjelaskan bahwa investasi adalah suatu cara untuk menghasilkan uang dengan sejumlah uang. Meskipun terdengar sederhana, penjelasan tersebut sudah bisa menarik perhatian mereka.

2. Menjelaskan dalam bentuk cerita

Anak-anak suka dengan cerita dan mereka pasti akan menyimaknya dengan antusias. Jadi, Anda juga bisa menjelaskan tentang investasi dengan cerita. Ceritakanlah pengalaman pribadi Anda, mengapa berinvestasi.

Ceritakanlah pula harapan Anda di masa depan dengan berinvestasi. Terangkan masa lalu Anda dan pelajaran berharga darinya yang membuat Anda mengambil langkah investasi saat ini.

3. Jelaskan sesuai cara anak belajar

Banyak cara belajar yang anak Anda praktikan. Belajar bisa menggunakan penglihatan (visual), pendengaran (listening), atau pun menulis (writing). Cari tahu bagaimana anak belajar, sehingga Anda dapat menyesuaikannya.

Apabila seorang anak lebih suka mendengar cerita, ia pasti akan bosan, jika Anda perlihatkan gambar-gambar tentang investasi. Karena itu, pakailah cara berbeda, misalnya perlihatkan video, cerita, atau aplikasi smartphone.

4. Bangkitkan rasa ingin cari tahu mereka

Beri tahu mereka bagaimana cara memeriksa saham. Akan lebih baik, bila Anda mempunyai saham di perusahaan, atau brand yang anak Anda minati. Misalnya, produk buatan Apple atau Boeing bila mereka suka dengan pesawat.

Kemudian, tanyakan pada mereka, perusahaan apakah yang mereka sukai? Biarkan mereka leluasa menjawab dengan imajinasinya.

5. Kemas penjelasan dalam bentuk games

Saat ini, belajar investasi bagi anak Sekolah Dasar bisa melalui aplikasi permainan. Sebagai orang tua, Anda dapat mengamati pergerakan saham dan memberikan saran serta alasan kepada anak melalui permainan atau games itu.

Buatlah quality time bersama anak dengan belajar investasi melalui permainan online. Jelaskan pula mengenai hukum investasi padanya.

6. Sampaikan cara investasi melipatgandakan kekayaan

Ajarkan pada anak Anda bahwa waktu sangat menentukan perkembangan suatu investasi dan keuntungan yang dihasilkan. Beri tahu mereka tentang pelajaran di dunia nyata tentang bagaimana kekayaan berlipatganda karena investasi.

7. Menyisihkan hasil investasi untuk kepentingan sosial

Saat memberi pelajaran investasi kepada anak, Anda juga harus mengajarkan pentingnya beramal. Melalui hal tersebut, mereka akan tahu bahwa begitu banyak orang yang membutuhkan uang di dunia, sehingga mereka tidak menghamburkan uang.

Intinya, mereka akan paham bagaimana menghargai nilai uang. Tidak selalu melihat ke atas, tetapi juga ke bawah bahwa masih ada orang-orang yang tidak seberuntung mereka dan membutuhkan uluran tangan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya