Harga Anjlok, Pemerintah Memilih Ekspor Jagung

Target Produksi Jagung Kementerian Pertanian
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

VIVA – Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, mengatakan, saat ini harga jagung anjlok. Dari yang awalnya sekitar Rp4.000 per kilogram, turun hingga kisaran Rp2.000 hingga Rp2.500 per kg.

Pro Kontra Eksploitasi Pasir Laut, Pengamat Maritim Bilang Begini

"Makanya solusinya adalah kami ekspor," kata Amran, usai menghadap Presiden Joko Widodo, di Istana Negara, Jakarta, Senin 19 Februari 2018.

Saat ini, Amran mengakui hasil panen jagung di beberapa daerah sudah mulai diekspor ke sejumlah negara. Seperti dari jagung asal Gorontalo, sekitar 100 ribu ton yang akan diekspor ke Filipina dan Malaysia. Dua negara itu dinilai mentan membutuhkan banyak jagung.

Sudah 160 Eksportir Parkirkan Devisa Hasil Ekspor di Dalam Negeri

"Karena Malaysia butuh 3 juta ton. Filipina 1 juta ton," katanya.

Menurut Amran, pilihan untuk mengekspor jagung akan bisa menormalkan kembali harga yang anjlok. Termasuk di beberapa daerah yang produksi jagungnya banyak.

Dukung Kemerdekaan Palestina, Kanada Ogah Jual Senjata ke Israel

Selain Gorontalo, Amran juga mengatakan, daerah di Sumbawa, NTB, yang hasil jagungnya banyak, akan diekspor. Namun berapa jumlah panennya, ia mengaku harus melihat data terlebih dahulu.

Untuk 2018, Amran mengatakan target produksi jagung bisa menembus hingga 24 juta ton.

Bea Cukai layani ekspor pakaian dalam wanita

Pakaian Dalam Asal Bantul Siap Bersaing di Amerika dan Inggris

Bea Cukai layani ekspor puluhan ribu pakaian dalam wanita asal Kabupaten Bantul ke Amerika dan Inggris pada Kamis (21/03).

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024