Ke Jepang, Wagub Sandi Bahas MRT hingga Ekonomi Kreatif

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga S Uno berkunjung ke Jepang.
Sumber :
  • Dokumentasi Pemprov DKI.

VIVA – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno melakukan kunjungan kerja ke Tokyo, Jepang. Dalam kesempatan tersebut dia melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Jepang Kazuyuki Nakane untuk membahas kerja sama yang dilakukan kedua pihak. 

Ini Saluran Air Kuno di Lokasi Proyek MRT Jakarta

Sandiaga mengungkapkan, dalam pertemuan tersebut Jepang menyampaikan ketertarikanya untuk kembali bekerja sama pada fase berikutnya dalam proyek pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta.

"Selain itu juga pemerintah Jepang meminta bantuan dari pihak Pemprov DKI untuk dapat segera membayar proyek MRT yang sudah cukup lama tertunda pembayarannya," ujar Sandiaga dikutip dari keterangan resminya, Rabu 21 Februari 2018. 

Pemprov DKI Tetapkan Lokasi Pembangunan MRT Koridor Kota-Ancol Barat

Selain pembahasan kerja sama dalam bidang transportasi MRT, Sandiaga mengungkapkan potensi kolaborasi dalam bidang pengelolaan air limbah. Sistem koordinasi dan perawatan fasilitas umum di Jepang pun didorong untuk bisa diterapkan di Jakarta.

"Indonesia juga ingin belajar dari Jepang tentang pembangkit listrik tenaga sampah dan berharap Indonesia khususnya Jakarta dapat mengaplikasikannya," ungkapnya.

Pengerjaan MRT Fase II, JPO Bank Indonesia Akan Dibongkar

Dia berharap, kedua pihak juga bisa terus berkolaborasi dalam bidang olahraga, kuliner, kesenian, dan budaya. Jakarta pun akan belajar kepada Jepang dalam penciptaan lapangan kerja di bidang jasa dan ekonomi kreatif.

"Dalam bidang pangan, ada keinginan dari Pemprov DKI untuk twining pasar antara Tokyo dan Jakarta sebagai bentuk peringatan hari jadi kerja sama Indonesia-Jepang yang ke-60," ungkapnya

Lebih lanjut dia mengatakan, Jakarta juga akan mempelajari sistem penanganan bencana yang dilakukan Jepang, terutama gempa dan kebakaran. Jepang sendiri telah dinilai sebagai negara yang mampu mencegah dan menangani bencana dengan baik.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya