Pembangunan Tol Tamer, Dukung Trans Jawa-Sumatera

Tim pekerja sedang membangun salah satu ruas jalan tol Trans-Jawa.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Pembangunan Tol Trans Jawa, Trans Sumatera, dan Dermaga Premium Pelabuhan Merak, akan didukung oleh tersambungnya jalan tol hingga ke dalam Pelabuhan Merak.

Bus dan Truk Padati Pelabuhan Bakauheni, Melonjak dibandingkan Sehari Sebelumnya

Gerbang jalan tol Tangerang-Merak (Tamer), yang tadinya hanya sampai di Gerbang tol Merak, Desa Gerem, Kota Cilegon, akan tersambung hingga ke dalam Pelabuhan Merak dan Stasiun Merak.

"Kami juga ditugaskan pemerintah membuat kajian, membangun tol dari gerbang tol Merak dengan Pelabuhan Merak, supaya bisa terkoneksi dengan pelabuhan dan stasiun," kata Direktur Keuangan dan Administrasi PT Marga Mandala Sakti (MMS), Halim Wahjana selaku pengelola jalan tol Tamer, Jumat 23 Februari 2018.

Menhub Siapkan Opsi Lima Kapal TBB Hadapi Lonjakan Arus Balik di Bakauheni

Selain itu, seluruh ruas tol Tamer, akan memiliki minimal empat lajur jalan, guna mendukung lalu lintas Trans Jawa-Sumatera.

"Kami dengan pemerintah sudah mengamandemen MoU pengelolaan jalan tol Tamer. Jadi, nanti dari Bitung-Merak, akan dikembangkan secara bertahap. Nilai proyeknya hingga Rp7 triliun," ujarnya menambahkan.

Persiapan Layani Arus Balik, GM PLN Banten Pastikan Operasional SPKLU Jalur Mudik Tol Jakarta-Merak

Anak perusahaan dari PT Astra Internasional Tbk, yang pernah digawangi oleh Rini Soemarno ini, kini sedang menunggu instruksi pemerintah pusat, kapan pembangunan itu akan dilakukan. "Kapan pembangunannya dan siapa yang akan membangun, itu kebijakannya pemerintah," ujarnya menjelaskan.

Perlu diketahui bahwa jalan tol Trans Sumatera, memiliki panjang 2.818 kilometer, yang dibangun mulai dari Lampung hingga Aceh.

Sedangkan jalan tol Trans Jawa, memiliki panjang lebih dari seribu kilometer dan masuk ke dalam Asian Highway 2 (AH2), yakni jaringan jalan Asia yang menghubungkan Asia dari Natuna dan Trans Kalimantan, sampai Puerto Princesa, Manila, Luzon (Filipina), sampai Jepang. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya