Bocoran Pertemuan Jokowi dan Bos IMF Lagarde

Presiden Joko Widodo bertemu Managing Director IMF Lagarde di Istana Merdeka.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Rahmat

VIVA – Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional, atau IMF, Christine Lagarde bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, pada Senin pagi, 26 Februari 2018. Jokowi juga mengajak Lagarde blusukan ke dua tempat di Jakarta.

Kristalina Georgieva, Ekonom dari Eks Negara Komunis Jadi Bos IMF

Dalam pertemuan, Lagarde mengakui, membicarakan kondisi ekonomi dunia terkini dan membahas prospek Indonesia. Selain itu, dia juga membahas pertemuan tahunan Bank Dunia dan IMF di Nusa Dua, Bali pada Oktober 2018 mendatang.

Lagarde juga sangat mengucapkan banyak terima kasih terhadap Presiden Jokowi dan masyarakat Indonesia atas sambutan dan keramahtamahannya yang sangat hangat, apalagi bisa kembali ke Jakarta.

IMF Pangkas Proyeksi Global, RI Bisa Kecipratan Untung

"Sangat menyenangkan menemani Presiden Jokowi dalam blusukan ke Rumah Sakit Pertamina dan Pasar Tanah Abang, di mana saya bertemu banyak orang Indonesia yang luar biasa. Antusiasme, energi, dan pelayanan menunjukkan dinamisme masyarakat dan ekonomi," jelas Lagarde dalam keterangan tertulisnya, Senin.

Ia menuturkan, perekonomian Indonesia terus terbukti tangguh dengan kinerja ekonomi yang baik dan prospek yang baik. Presiden dan tim, tentunya sukses dalam melakukan manajemen ekonomi dan memperkuat kerangka kebijakan.

Alasan Ekonomi RI Mampu Bertahan di Tengah Perlambatan Global

"Kami juga membahas pentingnya mencapai pertumbuhan potensial yang lebih tinggi untuk membantu menciptakan lapangan kerja bagi angkatan kerja yang terus tumbuh," jelasnya.

Lagarde mengungkapkan, untuk mengejar target pemerintah, tentu memerlukan mobilisasi pendapatan untuk membiayai pengeluaran pembangunan dan mendukung reformasi di pasar produk, tenaga kerja, dan keuangan.

"Kami berharap, dapat mengadakan pertemuan IMF-Bank Dunia 2018 di sini pada Oktober 2018, dan kita tentu akan terus memantau perkembangan Gunung Agung. Kita bergerak maju seperti yang direncanakan untuk mengadakan Rapat Tahunan yang sukses di Bali," tambahnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya